Sabtu 16 Mei 2020, 22:35 WIB

Amerika Bersatu Gelar Kompetisi Masker Lebaran

Usman Kansong | Internasional
Amerika Bersatu Gelar Kompetisi Masker Lebaran

Dok Amerika Bersatu

 

SETELAH sukses mengadakan penggalangan dana dan berbagai aktivitas yang menghibur warga Indonesia di Amerika Serikat (AS), organisasi Amerika Bersatu menggelar sosialisasi penggunaan masker melalui kompetisi virtual. Adapun acara ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat perihal pentingnya mempergunakan masker untuk menghindari terpapar virus korona atau covid-19.

Baca juga: Relawan Jokowi-Amin di AS Luncurkan Amerika BerSATU

Penggagas acara, Luthfi Madjid dari New York dan Agus Balthazar dari Washington DC mengatakan acara ini sejalan dengan ajakan Presiden Joko Widodo agar warga hidup berdamai dengan korona sampai vaksin penyakit ini ditemukan.

"Pandemi ini merubah tatanan hidup kita semua, dan masker adalah salah satu 'new normal' tersebut," ujar Luthfi. "Masker dari ulos, songket, batik, atau jumputan, mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk membuat masker jadi menyenangkan, sambil berkreasi untuk keselamatan," lanjut Agus.

Baca juga: Amerika Bersatu Adakan Kegiatan Berkebaya Secara Virtual

Acara ini diramaikan oleh jurnalis senior Andy F Noya, seniman musik Ikke Nurjanah, serta desainer adibusana tradisional dari Bali, Tjok Abi.

Turut hadir pada acara ini Wakil Menteri Desa PDTT Budi Arie Setiadi, istri Konsul Jenderal RI di New York Komisaris Endang Arifi, artis senior James F Sundah, dan WNI dari berbagai negara termasuk AS, Australia, Indonesia, Jepang, dan Jerman. Total 1.200 peserta memberikan suara pada pemilihan pemenang favorit.

"Saya mengapresiasi ide kreatif orang-orang Indonesia yang tetap merasa satu walau terpisah jarak. Semoga semangat kebersamaan ini merekatkan kita sebagai bangsa," ujar Andy Noya.

Baca juga: Amerika Bersatu Gelar 'Sehat Melawan Covid-19'

Ikke Nurjanah yang merupakan Duta Sanitasi Kementerian Kesehatan RI mengimbau seluruh warga untuk terus saling mengingatkan, terutama karena pasti dilaksanakannya silahturahmi pada hari Lebaran.

"Memakai masker dengan benar, artinya, kita sudah mencegah tertular atau menularkan, terutama karena kita pasti melaksanakan silaturahmi," lanjut Ikke yang tampil live melalui Zoom.

Adapun para pemenang dari kompetisi Masker Lebaran adalah.

  • Kategori Individu Nusantara:

No. 45 / Meirina Hutabarat (Washington DC)

  • Kategori Individu Modern:

No. 53 / Damri Aprizal (Solo)

  • Kategori Keluarga:

No 6 / Keluarga Sulistijo Mumpuni (Australia)

  • Juara Favorit:

No. 56 / Dina Rismayanti (Los Angeles, AS)

Para pemenang mendapatkan hadiah tenun Bali disertai sepasang masker dari Tjok Abi. "Dengan ruang gerak yang sangat dibatasi, kita harus tetap optimis dan berkarya dengan positif.  Mari kita bersama berkarya dan terus menjalin silaturahmi, dan berlomba dengan sportivitas yang baik," ujarnya.

Pada saat ini, tercatat hampir 4.5 juta warga dunia terpapar virus korona, dengan angka kematian lebih dari 300,000 jiwa. (X-15)

Baca Juga

AFP

Korban Tewas Akibat Covid-19 Iran Sudah Lebih dari 8.000 Lho...

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:53 WIB
Jahanpour mengatakan 125.206 pasien telah pulih dan telah dikeluarkan dari rumah sakit sejauh ini, sementara 2.585 pasien masih dalam...
AFP/WILLIAM WEST

Hamilton Kembali Bersuara Terkait Kasus Rasial George Floyd

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Rabu 03 Juni 2020, 18:45 WIB
Sikap pemerintah dan penegak hukum di Amerika Serikat benar-benar membikin juara Formula Satu Lewis Hamilton...
Andrew Caballero-Reynolds/AFP

Demonstran di AS Langgar Aturan Jam Malam

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 03 Juni 2020, 18:25 WIB
Pada hari kedelapan berlangsungnya aksi demonstrasi, kampung halaman Floyd di Houston mengadakan pawai peringatan yang menarik puluhan ribu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya