Sabtu 16 Mei 2020, 17:40 WIB

Yurianto: Ingin Selamat Harus Adaptasi Berdampingan dengan Covid

Atalya Puspa | Humaniora
Yurianto: Ingin Selamat Harus Adaptasi Berdampingan dengan Covid

Antara
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto

 

JURU bicara nasional untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menegaskan, masyarakat harus cepat beradaptasi untuk hidup berdampingan dengan Covid-19. Sebab faktor itulah yang akan menentukan keselamatan masing-masing individu.

"Kalau kita tidak bisa hidup dengan sistem seperti ini, sementara virus masih ada, kita tidak bisa selamat. Kita tidak akan bisa bertahan dengan kondisi seperti ini. Hanya satu yang bisa kita lakukan untuk bertahan, beradaptasi dengan pola hidup yang baru," kata Yurianto, Sabtu (16/5).

Pola hidup baru yang dimaksud yakni dengan memegang teguh dan menjalankan secara disiplin setiap protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Diantaranya, tertib menerapkan pola hidup bersih dan sehat, melakukan phisycal distancing, dan menggunakan masker saat bepergian. "Ini pilihan kita kalau kita ingin selamat dan ingin survive," imbuhnya.

Baca Juga: Gajah Sumatra di Kebun Binatang Riau Mati

Adapun, dirinya melaporkan terdapat penambahan pasien Covid-19 yang sembuh sebanyak 108 orang. Sehingga total pasien sembuh menjadi 3.911.

Selain itu, terdapat penambahan pasien positif sebanyak 529 orang. Sehingga total akumulasi menjadi 17.025 orang.

"Total pasien positif menjadi 17.025. Ini diantaranya kita dapatkan tes dengan menggunakan tes cepat molekuler (TCM) sebanyak 227," kata Yurianto.

Sementara, pasien meninggal bertambah 13 orang, sehingga total menjadi 1.089.

"Inilah gambaran dari apa yang kita katakan hidup yang baru. Diharapkan upaya kita dapat mengurangi, dan menekan jumlah kasus baru," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: Dari 99.216 Sampel Rapid Test Jakarta, 3.804 Dinyatakan Positif

Baca Juga

mui.or.oid

Soal Hoaks Seruan Siaga Rapid Test, MUI Duga Hendak Adu Domba

👤Henri Siagian 🕔Senin 25 Mei 2020, 14:34 WIB
Sebab, narasi kabar hoaks tersebut dipenuhi tuduhan dan prasangka, kasar, berupaya mengadu domba dan merusak nama baik organisasi...
mui.or.id

Soal Seruan Siaga Rapid Test Modus PKI, MUI: Hoaks

👤Henri Siagian 🕔Senin 25 Mei 2020, 14:02 WIB
Seruan yang mengatasnamakan Sekretariat MUI itu berisi pemberitahuan kewaspadaan terhadap rapid test covid-19 bagi para ulama, kiai, dan...
Dok Pri

Tokoh Muda Papua Minta Warga Disiplin Patuhi Protokol Kesehatan

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Senin 25 Mei 2020, 12:31 WIB
Sikap masyarakat, termasuk yang ada di Papua, yang mulai acuh tak acuh dianggap berbahaya bisa menimbulkan dampak penularan yang lebih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya