Sabtu 16 Mei 2020, 16:50 WIB

Mensos Minta Dinsos Kab/Kota Perbaiki Data BST

Cikwan Suwandi | Humaniora
Mensos Minta Dinsos Kab/Kota Perbaiki Data BST

MI/Cikwan Suwandi
Mensos Juliari P Batubara (Tengah) dan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana (Dari kiri ke tiga) foto bersama dengan PT Pos Indonesia saat

 

MENTERI Sosial Juliari P Batubara meminta pemerintah kabupaten/kota untuk memperbaiki data penerima bantuan sosial tunai (BST) yang dilaporkan kepada pemerintah pusat. Hal itu dibutuhkan untuk menghindari kasus salah sasaran dalam penyalurannya.

Juliari mengakui dalam pelaporan data keluarga penerima bantuan, Kementerian Sosial menyatakan amat mungkin ditemui perbedaan data antara desa dan dinas sosial.

"Sangat mungkin data yang dikirim desa atau kelurahan ke dinas sosial berbeda dengan data yang dilaporkan dinas sosial ke Kemensos," ungkao Mensos Juliari saat menyerahkan bantuan kepada 253 KPM di Kantor Pos, Cikampek, Sabtu (16/5).

Dalam hal validasi data, Juliari menyatakan bahwa pemerintah pusat akan mengonfirmasi ulang data tersebut ke dinas sosial di daerah. Sehingga, kepastian data di daerah pun akan sangat bergantung pada keterbukaan dengan pemerintah tingkat desa atau kelurahan.

Baca Juga: Partai Demokrat Anggap Cuitan Dewan Pakar PKPI Cacat Logika

Sementara itu Juliari menyebutkan, sebanyak 2,8 juta lebih keluarga penerima manfaat (KPM) telah menerima BST tahap pertama. Besaran BST yaitu Rp600.000 setiap bulan yang diterimakan selama 3 bulan yaitu April, Mei, Juni 2020.

"Kita akan jangkau dari yang terpelosok agar mereka yang terdampak covid bisa menerima bantuan," katanya.

Ia menegaskan untuk daerah yang telah menyelesaikan penyaluran tahap I akan dilanjutkan penyaluran tahap II secara langsung. "Hal itu sesuai dengan arahan Pak Presiden. Rakyat sudah menerima uang sebelum lebaran," ujarnya.

Sedangkan jumlah KPM di kabupaten Karawang sebanyak 50.234 mendapatkan BST yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia dan Himpunan Bank Negara (Himbara) yaitu BNI, Bank Mandiri, BTN dan BRI.

"Masyarakat dapat mengambil langsung dan diantarkan ke rumah-rumah bagi yang jauh," imbuhnya.

Data Kementerian Sosial, total keseluruhan penerima BST di Jawa Barat ialah sebanyak 1.070.758 KPM. (OL-13)

Baca Juga: ​​​​​Target ​​Bansos DKI Kelar Sebelum Lebaran, Ini Jadwalnya

Baca Juga

Antara/Regina Safri

BPKH Tegaskan Dana Haji tak Digunakan untuk Perkuat Rupiah

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 05 Juni 2020, 17:52 WIB
“Kami menyediakan valas, tapi kami tidak berdagang valas. Kami hanya membeli valas sebagai alat pembayaran, karena itu akan...
Antara

Kampus USU Bersiap Masuki Kenormalan Baru

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 05 Juni 2020, 17:20 WIB
KENDATI berada di Kota Medan yang masih berstatus zona merah penularan Covid-19, kampus USU tengah memersiapkan sistem dan lingkungan...
Antara/NOVA WAHYUDI

Pasien Positif 29.521, 6 Provinsi Nihil Kasus Baru Covid-19

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 05 Juni 2020, 17:05 WIB
Ada 19 prov yang angka kenaikannya di bawah 10, diantaranya 3 provinsi hanya melaporkan 2 kausus baru, 4 provinsi melaporkan 1 kasus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya