Sabtu 16 Mei 2020, 03:50 WIB

Antisipasi Pemudik Nekat, Polri Tambah Personel di Check Point

Antisipasi Pemudik Nekat, Polri Tambah Personel di Check Point

ANTARA/Prasetia Fauzani
Polisi melarang masuk mobil berplat nomor luar daerah menuju Kediri yang dicurigai akan mudik di Kediri, Jawa Timur, Minggu (26/4).

 

KEPALA Korps Lalu Lintas Mabes Polri Irjen Istiono menyebutkan keberadaan personel di seluruh check point penjagaan akan diperkuat untuk mengantisipasi masih adanya masyarakat yang nekat melakukan perjalanan mudik.

"Dalam 1-2 hari ini ada sedikit peningkatan jumlah warga yang ingin mudik, tapi tidak signifikan. Oleh karena itu, kita pertebal di check-check point ini untuk melakukan pemeriksaan," katanya saat meninjau check point KM 31 Bekasi-Jakarta, Jumat (15/5).

Istiono menyebutkan sampai saat ini sudah ada sekitar 45 ribu kendaraan pemudik yang diminta putar balik, didominasi kendaraan pribadi. Diakuinya, banyak cara digunakan masyarakat demi bisa melintas wilayah untuk mudik, mulai mencari jalan tikus hingga alih-alih membawa surat tugas, tetapi tetap diminta untuk berputar balik.

Langkah persuasif yang ditempuh kepolisian, yakni dengan meminta calon pemudik berbalik arah dirasa cukup efektif untuk mencegah masyarakat pulang ke kampung halaman.

"Putar balik itu sudah efektif. Mereka akan berpikir dua kali karena ancang-ancang yang mau mudik itu kan sudah direncana, mulai penumpang, kendaraan, bensinnya, kan rugi (disuruh putar balik). Jadi, sudah cukup itu. Yang paling penting kesadaran masyarakat untuk tidak mudik untuk memutus mata rantai Covid-19. Ini perang bersama menghadapi Covid-19, kita ajak masyarakat," katanya.

Karena itu, Istiono menekankan pentingnya penambahan personel di seluruh check point penjagaan di masing-masing wilayah kepolisian daerah (polda). "Semuanya, di masing-masing polda. Polda Metro Jaya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten pun demikian," katanya. (R-1) 

Baca Juga

Antara/Septianda Perdana

KSP Minta Tokoh Masyarakat Ikut Kampanyekan Protokol Kesehatan

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 05 Juni 2020, 20:14 WIB
Moeldoko menyebut protokol kesehatan pada masa kenormalan baru harus menjadi pola hidup baru di...
Ilustrasi

Densus 88 Amankan Satu Terduga Teroris dan Bahan Peledak

👤Antara 🕔Jumat 05 Juni 2020, 18:40 WIB
Densus 88 bersama Tim Gabungan Resmob dan Datasemen Khusus Antiteror Polda Kalbar mengamankan terduga teroris berinisial AR (21) beserta...
Ilustrasi

Pemerintah Keluarkan Kebijakan Sistem Kerja ASN Selama New Normal

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 05 Juni 2020, 18:21 WIB
Sistem itu diatur dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 58/2020 tentang Sistem Kerja...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya