Sabtu 16 Mei 2020, 03:05 WIB

Nelayan Enggan Melaut, Harga Ikan Labuanbajo Terus Naik

John Lewar | Nusantara
Nelayan Enggan Melaut, Harga Ikan Labuanbajo Terus Naik

MI/John Lewar
Kapal nelayan di Labuanbajo,Nusa Tenggara Timur.

 

HARGA ikan di Labuanbajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur terus meningkat. Hal ini disebabkan minimnya pasokan ikan setelah para nelayan memilih tidak melakut di saat ramada dan pandemi Covid-19.
 
Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Manggarai Barat Yeremias Ontong mengungkapkan menurunnya pasokan ikan ke sejumlah penjual maupun pengecer ikan, disebabkan dua faktor yakni situasi Covid-19 dan umumnya nelayan menjalani ibadah puasa.

"Jadi sangat wajar jika pasokan ikan sedikit berkurang. Bukan berarti ikan itu tidak ada. Di pasar ikan segar maupun kering masih dijual," katanya, Jumat (15/5).

Di Tempat Pelelangan Ikan Kampung Ujung Labuanbajo, harga ikan memang mengalami peningkatan. Untuk ikan segar berbagai jenis harga yang semula Rp40 ribu per kilogram naik menjadi Rp55 ribu-Rp60 ribu per kilogram.

Di sisi lain, Ameng Arifin, seorang nelayan di Binongko, Kelurahan Labuanbajo mengaku enggan melaut akibat wabah Covid-19 serta saat ini bertepatan dengan bulan puasa. Ameng mengatakan dia bersama rekan nelayan lainnya takut akan tertularnya virus korona dan memilih menjalankan ibada puasa sambil berdiam diri di rumah untuk memperbaiki alat tangkap ikan.

"Nelayan lebih memilih menjalankan ibadah puasa ketimbang pergi mencari ikan di laut lalu tertular. Kami semua buta soal virus korona yang mematikan itu, "katanya.

Tasmin Ismail, nelayan asal Papa Garang, Kecamatan komodo menuturkan sejak pandemi Covid-19, kelompok nelayan mereka yang biasanya mancing ikan dasar untuk di ekspor seperti ikan kerapu, kakap, atau kerapu tikus. Namun, sejak awal Maret mereka berhenti melaut.

"Ini karena dengar berita banyak orang meninggal karena virus korona. Sebagai manusia kita juga harus waspada. Karena pemerintah sudah mengimbau untuk tidak keluar rumah dan berkerumun. Kita patuhi itu," ujar Tasmin. (R-1)

 

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Penumpang KM Fajar Mulia Dikarantina di Raja Ampat

👤Martinus Solo 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 10:15 WIB
Mereka yang melakukan perjalanan ke luar daerah harus memiliki dokumen atau surat lengkap. Ia berharap agar masyarakat tetap menaati...
ANTARA/Septianda Perdana

Pasien Positif Covid-19 di Pematangsiantar Bertambah 6 Orang

👤Apul Iskandar 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 10:03 WIB
Saat ini, pasien positif covid-19 di Pematangsiantara menjadi 13...
ANTARA/Bayu Pratama S

Kasus Covid-19 di Kalsel Diprediksi Tembus 1.000 pada Awal Juni

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 09:30 WIB
Saat ini, jumlah warga Kalsel yang positif terpapar virus korona sudah sebanyak 893...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya