Sabtu 16 Mei 2020, 02:30 WIB

Dishub Larang Mudik Lokal

Dishub Larang Mudik Lokal

ANTARA

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta melarang mudik lokal atau mudik di daerah Jabodetabek saat Hari Raya Idul Fitri nanti.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo menyebut masyarakat harus tetap mematuhi aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), yakni dengan berdiam  diri di rumah dan tidak bepergian jika bukan karena urusan yang vital.

“Kami imbau taati pelaksanaan PSBB. Selama kawasan Jabodetabek melaksanakan PSBB, perjalanan yang diperbolehkan hanya perjalanan untuk kegiatan yang dikecualikan. Artinya, kalau mudik, otomatis tidak diperbolehkan. Mari sayangi keluarga kita,” kata Syafrin di Jakarta, kemarin.

Menurut dia, masih ada kawasan di Jabodetabek yang belum memiliki kasus covid-19, seperti di beberapa kelurahan di Kepulauan Seribu. Ia khawatir jika terjadi mudik lokal, kawasan hijau itu terkontaminasi virus yang dibawa pemudik.

Dishub DKI pun sedang menggodok aturan baru untuk menghalangi warga yang akan mudik lokal. Syafrin menegaskan bahwa yang bisa pergi dan masuk ke Jakarta dari daerah lain hanya warga yang memiliki kondisi sehat dan memenuhi syarat sesuai Surat Edaran Ketua Gugus Tugas Covid-19 Nasional No 4/2020. “Yang boleh keluar-masuk, yang memiliki izin. Apakah izin perjalanan untuk kerja. Saat masuk, dia harus menunjukkan jika dia sudah punya izin masuk ke Jakarta,” kata Syafrin.

Syafrin menyebut melalui aturan itu, nantinya warga yang memenuhi persyaratan harus mendaftar melalui suatu situs resmi untuk memperoleh izin keluar-masuk Jakarta. “Nanti yang akan diberikan izin melalui sistem elektronik. Jadi, masyarakat akan mengajukan bisa melalui website kami. Kemudian mereka akan mendapatkan e-mail untuk izinnya. Di sana dilengkapi dengan barcode yang bisa dilakukan pengawasan,” jelasnya.

Warga yang melintas perbatasan, tapi tidak memiliki izin, akan ditolak masuk maupun keluar Jakarta. “Tidak ada izin, kita minta putar balik,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo memprediksi ruas Ibu Kota Jakarta akan padat saat perayaan Hari Raya Idul Fitri
tahun ini.

“Kemungkinan Lebaran tahun ini berbeda dengan Lebaran tahun-tahun sebelumnya. Lebaran sebelumnya DKI Jakarta lebih lengang, orang mudik ke kampung halamannya masing-masing. Tetapi Lebaran tahun ini akan lebih padat,” ujar Sambodo.

Pihak kepolisian menganjurkan warga untuk tetap di rumahnya saat Lebaran. Namun, Sambodo mengatakan pihaknya tidak melarang warga bersilahturahim. Dalam hal ini, ia menekankan warga agar tidak ke luar wilayah Jabodetabek.

“Asalkan dia tidak keluar wilayah. Artinya, enggak bisa. ‘Saya mau silahturahim ke Bandung.’ Itu tidak bisa, dia melanggar area. Tapi kalau hanya sekitar di Jakarta saja selama masih mematuhi aturan PSBB, tentu masih kami akan perbolehkan,” terang Sambodo.

Ia menekankan masyarakat untuk mematuhi ketentuan PSBB, seperti yang digariskan dalam Peraturan Gubernur No 33/2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. “Artinya, tidak boleh berkerumun lebih dari lima orang. Kemudian juga menjaga physical distancing, tetap bepergian bersilahturahim itu menggunakan masker,” terang Sambodo. (Put/Tri/J-1)
 

Baca Juga

ANTARA/Muhammad Adimaja

Permohonan SIKM Naik 17 Ribu, DKI: Banyak Warga Salah Paham

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:29 WIB
Benni menuturkan pihaknya masih menemukan banyak permohonan SIKM yang diajukan di luar ketentuan yang sudah ditetapkan dalam peraturan yang...
ANTARA/Wahyu Putro A

Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Landa di Jakart

👤Antara 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 03:55 WIB
Daerah yang patut diwaspadai terjadi hujan disertai petir/kilat dan angin kencang itu yakni Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Kepulauan...
MI/Vicky Gustiawan

Ragunan Batasi Pengunjung 5.000 Orang per Hari Saat Normal Baru

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 29 Mei 2020, 23:10 WIB
Mekanisme untuk mengatur batasan jumlah pengunjung ke Ragunan dilakukan dengan mewajibkan pengunjung mendaftar secara...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya