Sabtu 16 Mei 2020, 00:55 WIB

Angin Segar untuk Liga Inggris

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Angin Segar untuk Liga Inggris

AFP
Liga Inggris

 

LIGA Primer Inggris dijadwalkan akan dimulai lagi pada Juni. Hal itu tak lepas dari lampu hijau yang diberikan pemerintah.

Menteri Kebudayaan, Digital, Media, dan Olahraga Inggris, Olivier Dowden, telah meminta pemangku kepentingan sepak bola, termasuk Liga Premier, EFL (operator tiga divisi di bawah Liga Premier), dan FA, melanjutkan rencana memulai kembali kompetisi.

“Pemerintah membuka pintu agar kompetisi sepak bola bisa kembali bergulir secara aman mulai Juni. Itu juga meliputi langkah untuk memperluas akses bagi para penggemar bisa menikmati siaran langsung serta dukungan finansial kepada masyarakat pelaku sepak bola secara luas,” kata Dowden.

Dia juga mengatakan pemerintah dan jajaran ahli kesehatan akan memberi dukungan ketika kompetisi bergulir. Klub Liga Primer Inggris telah bertemu, Senin (11/5), untuk membahas ‘project restart’ dan berharap kompetisi dilanjutkan pada 12 Juni tanpa penonton.

Menanggapi hal itu, Deputi Kepala Petugas KesehatanJonathan Van-Tam mengatakan saat ini tidak bisa dipastikan kapan sepak bola akan kembali bergulir. Ia mengatakan perlu kajian dan pertimbangan yang hati-hati sebelum mengumumkan kembalinya aktivitas olahraga.

Kecemasan juga melanda sejumlah pihak di Jerman karena Bundesliga diputuskan kembali dilanjutkan hari ini setelah sempat ditunda sejak Maret. Liga Jerman menjadi kompetisi sepak bola elite pertama di Eropa yang memutuskan menuntaskan musim. Sementara itu, liga di Belanda, Belgia, dan Prancis telah dinyatakan selesai. Liga Italia dan Spanyol masih ingin bisa merampungkan seluruh laga.

Bundesliga akan berlangsung dengan sederet protokol medis. Mulai tes covid-19 dua kali dalam sepekan hingga menggelar pertandingan tanpa disaksikan langsung oleh penggemar. Meski telah menerapkan protokol medis seketat mungkin, para pemain dinilai tetap berada di bawah ancaman tertular. Profesor Wilhelm Bloch dari Universitas Olahraga Cologne mengatakan menggelar laga di tengah pandemi bisa mengakhiri karier pemain.


Hindari kontak

Pelatih RB Leipzig Julian Nagelsmann mengatakan anak asuhnya telah menyusun rencana menghindari kontak saat perayaan gol ke gawang Freiburg. Seperti diketahui, Leipzig akan menjalani laga pertamanya setelah rehat dengan melawan Freiburg.

Rencana tersebut merupakan tindak lanjut atas adanya protokol ketat yang ditetapkan Liga Sepak Bola Jerman (DFL) terkait antisipasi penularan korona. Salah satunya dengan menghindari kontak setiap saat. Bahkan, DFL merekomendasikan salam sikut atau kaki saat perayaan gol.

“Saya bukan orang yang suka ikut perayaan kelompok, saya cenderung merayakannya sendiri. Para pemain tentu memikirkan sesuatu, tetapi kami harus mencetak gol terlebih dahulu,” kata Nagelsmann.

Adapun mengenai jalannya pertandingan, Nagelsmann memprediksi tidak akan terjadi hujan gol. Pasalnya, para pemain masih berjuang mengembalikan kebugaran yang hilang setelah istirahat dua bulan. (BBC/AFP/R-3)

Baca Juga

AFP/Paul Ellis

Klopp Ingin Ada Parade jika Liverpool Juara Liga Primer Inggris

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 02 Juni 2020, 18:24 WIB
Ia mengatakan tak masalah jika harus menunggu berbulan-bulan lamanya untuk merayakannya bersama para...
AFP/Miguel Ruiz

Lima Pemain Barcelona Dikabarkan Positif Covid-19

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 02 Juni 2020, 17:33 WIB
RAC1 mengatakan lima pemain dari tim utama Barcelona dinyatakan positif setelah menjalani tes darah, tetapi mereka tidak menunjukkan adanya...
AFP/Miguel Medina

Sempat Ditawar Barcelona, Brescia Pertahankan The Next Pirlo

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:23 WIB
Sebelum pandemi covid-19, Cellino mengatakan Barcelona menawarkan dua pemain plus uang tunai sebesar 65 juta euro untuk mendapatkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya