Jumat 15 Mei 2020, 20:17 WIB

Selesai Karantina, Pekerja Migran Dipulangkan dengan Kapal Laut

Palce Amalo | Nusantara
Selesai Karantina, Pekerja Migran Dipulangkan dengan Kapal Laut

Antara
Pekerja migran

 

PEMERINTAH Provinsi Nusa Tenggara Timur mengeluarkan skenario baru pemulangan pekerja migran dari Kupang tujuan kabupaten di sejumlah pulau yakni Rote, Sabu Raijua, Sumba, Flores, Lembata dan Alor.

Skenario itu ialah pekerja yang selesai menjalani masa karantina 14 hari di Kupang dan dinyatakan sehat, dipulangkan ke daerah masing-masing mengunakan kapal laut. Rencananya, pemulangan pekerja migran mengunakan kapal ro-ro milik pemerintah daerah.

"Kita siapkan kapal untuk memulangkan pekerja migran," kata Kepala Dinas Perhubungan NTT Isyak Nuka, Jumat (15/5).

Dia menegaskan, skenario itu hanya berlaku bagi pekerja migran yang tiba melalui Bandara El Tari Kupang, dan sehat pasca karantina. Jika selama karantina, pekerja migran sakit, tentu tidak dipulangkan secepatnya, tetapi akan menjalani perawatan.

Baca juga :Tidak Laik Konsumsi, 1 Ton Beras Dikembalikan ke Bulog Purwakarta

Sedangkan pekerja migran yang turun di bandara di pulau lainnya seperti Sumba dan Flores, juga tetap menjalani karantina, setelah itu dipulangkan dengan angkutan darat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTT Silvia Pekujawang mengatakan seluruh pekerja migran yang tiba dari luar negeri bakal menjalani karantina terpusat.

Bagi pekerja migran yang sakit, akan dirawat sesuai di rumah sakit berbeda. Untuk pekerja migran tanpa gejala klinis, akan menjalani karantina di Rumah Sakit (RS) Undana di Jalan Jenderal Soeharto, Kelurahan Naikoten 1.

Pekerja migran dengan gejala klinis sedang menjalani karantina di RS Jiwa di Kelurahan Nenleu, dan pekerja migran dengan gejala klinis berat langsung dibawa ke rumah sakit rujukan korona, yakni RS WZ Johannes Kupang. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Arnold

Mulai 5 Juni ASN Bali Kerja Kembali Dalam Kenormalan Baru

👤Ruta Suryana/Arnoldus Dhae 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:25 WIB
GUBERNUR Bali Wayan Koster menyampaian kebijakan soal sistem kerja pegawai aparatur sipil negara (ASN) dalam tatanan kenormalan baru. Mulai...
MI/Dwi Apriani

Kemenag Sumsel: Pengembalian Uang Pelunasan Haji Hanya 9 Hari

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:16 WIB
Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama mencatat ada 198.765 jemaah haji reguler yang melunasi Bipih...
MI/Cikwan Suwandi

Jalur Alternatif di Karawang Hindari Penyekatan di Tol Japek

👤Cikwan Suwandi 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:10 WIB
DALAM sepekan terakhir Jalan Badami-Loji dipadati kendaraan umum dan pribadi menuju Bekasi dan Jakarta. Jalur ini menjadi primadona...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya