Jumat 15 Mei 2020, 16:15 WIB

Kasus Covid-19 Melonjak, Cile Siapkan Ribuan Kuburan

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Kasus Covid-19 Melonjak, Cile Siapkan Ribuan Kuburan

AFP/Martin Bernetti
Foto udara pekerja yang menyiapkan kuburan baru lantaran kasus covid-19 di Cile melonjak.

 

RIBUAN kuburan baru digali di lokasi pemakaman utama Ibu Kota Cile, seiring lonjakan kasus covid-19 di negara Amerika Selatan.

Tingkat infeksi di Cile melonjak minggu ini. Kondisi itu mendorong pemerintah untuk mengumumkan lockdown bagi tujuh juta orang di Santiago pada hari ini.

Negara itu mencatat 350-500 kasus infeksi baru dalam sehari. Pada Rabu waktu setempat, 2.600 kasus covid-19 tercatat dalam waktu 24 jam.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Peru Tertinggi Kedua di Amerika Latin

"Kami menyadari ini adalah momen bersejarah. Kita mungkin membutuhkan lebih banyak kuburan. Karena kita menyaksikan apa yang terjadi di negara lain," ujar Direktur Pemakaman, Rashid Saud, kepada AFP.

Petugas penggali kubur mempersiapkan 2.000 kuburan baru untuk mengatasi pandemi, yang merenggut nyawa 368 warga Cile sejak 3 Maret lalu.

Baca juga: Kasus Kematian Global Akibat Covid-19 Melampaui 300 Ribu

"Kita harus membandingkannya dengan negara-negara lain yang menggunakan kuburan massal. Banyak negara menelantarkan orang-orang di jalanan dan mayat membusuk di truk. Itu yang ingin kita hindari," pungkas Saud.

Kepala serikat pekerja permakaman, Luis Yevenes, menyatakan keprihatinan terhadap situasi di kota lainnya. Dia menyoroti minimnya kapasitas di Valparaiso dan Vina del Mar, berikut Concepcion dan Talcahuano yang berlokasi lebih jauh ke selatan.(AFP/OL-11)

Baca Juga

AFP/Jaafar Ashtiyeh

Israel Bebaskan Warga Palestina yang Mogok Makan 103 Hari

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 November 2020, 20:02 WIB
Akhras, 49, ditangkap di dekat Nablus pada Juli dan dimasukkan ke penahanan administratif. Kebijakan ini digunakan Israel untuk menahan...
AFP/Louai Beshara

PM Ishtaye Desak Dunia Akui Negara Palestina sesuai Batas 1967

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 November 2020, 19:31 WIB
Rakyat Palestina ingin mendirikan negara yang merdeka di wilayah yang diduduki oleh Israel pada 1967 dengan wilayah timur Yerusalem sebagai...
AFP

Imbas Pandemi Disney PHK 32.000 Pekerja Awal 2021

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 26 November 2020, 17:20 WIB
WALT Disney akan memberhentikan 32 ribu pekerja, terutama di taman hiburannya, karena perusahaan sedang berjuang dengan terbatasnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya