Jumat 15 Mei 2020, 15:57 WIB

Pemprov DKI Kurangi Kuota Zonasi Jadi 40%

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pemprov DKI Kurangi Kuota Zonasi Jadi 40%

Antara/Nova Wahyudi
Suasana SMP 216 Jakarta Pusat yang sepi di tengah penerapan PSBB.

 

DINAS Pendidikan DKI Jakarta menyusun sistem penerimaan siswa baru atau penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2020. Ada yang berbeda dengan ketentuan tahun sebelumnya.

Jika pada PPDB tahun lalu kuota untuk siswa yang diterima lewat jalur zonasi atau wilayah tempat tinggal sebesar 50%, tahun ini jumlahnya berkurang menjadi 40%.

Ini berbeda dengan ketentuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yakni Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 bahwa untuk sistem zonasi mewajibkan kuota sebesar minimal 50%.

Baca juga: Setumpuk Drama Siswa saat Belajar di Rumah

"Zonasi kelurahan menjadi 40% untuk memberikan pemerataan perluasan kepada seluruh kuadran, Terutama bagi anak peserta didik dari keluarga tidak mampu yang berkemampuan rendah," ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI, Nahdiana, melalui akun YouTube resmi Pemprov DKI, Jumat (15/5).

Meski persentase kuota zonasi tidak sesuai Permendikbud, Nahdiana menegaskan Pemprov DKI tetap mematuhi aturan dengan memberikan kuota afirmasi sebesar 25%. Ketika ditotal, kuota zonasi dan afirmasi menjadi 65%, atau sudah memenuhi aturan Permendikbud.

Baca juga: Kemendikbud Harus Evaluasi dan Revisi Sistem Zonasi

Kuota afirmasi ialah kuota yang diberikan khusus kepada siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu. Di Jakarta, jalur afirmasi juga disediakan bagi pelajar yang orang tuanya berprofesi sebagai awak angkutan kota Jaklingko dan awak bus Transjakarta.

"Ini memang terkesan dari kalau lihat Permendikbud 44/2019 di mana zonasi 50%, tidak terpenuhi untuk DKI Jakarta. Tapi kalau ditota dari jalur afirmasi dan jalur zonasi, kita sudah lewati (batas kuota). Karena afirmasi minimal 15% untuk anak didik dari keluarga tidak mampu, yang sebelumnya dilakukan seleksi dengan ujian nasional," jelas Nahdiana.(OL-11)

 

 

Baca Juga

Antara/Risyal Hidayat

New Normal, LRT Jakarta Sediakan Footswitch Saat Masuk Lift

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 01 Juni 2020, 10:20 WIB
Pada saat kenormalan baru atau new normal diterapkan di Jakarta, transportasi light rail transit (LRT) Jakarta bakal meniadakan kontak...
MI/MOHAMAD IRFAN

​​​​​​​Selama Mei, 205 Orang Masuk ke Jakarta Lewat Pulo Gebang

👤Tri Subarkah 🕔Senin 01 Juni 2020, 09:55 WIB
"Kedatangan penumpang sejak 9 Mei sampai 31 Mei berjumlah 205 orang dengan menggunakan 43 bus," Kasatpel Operasional dan...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Pusat-Daerah Harus Bersinergi Bahas Pembukaan Sekolah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:09 WIB
"Saran kami, Gugus Tugas Nasional dengan kementerian terkait duduk bersama Pemprov DKI mengulas hasil evaluasinya berdasarkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya