Jumat 15 Mei 2020, 15:31 WIB

Lawan Covid-19, Korsel-Tiongkok-Jepang Adakan Pertemuan Virtual

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Lawan Covid-19, Korsel-Tiongkok-Jepang Adakan Pertemuan Virtual

AFP/Ed Jones
Warga Korea Selatan melintasi jembatan layang di Distrik Yeouido.

 

MENTERI kesehatan dari Korea Selatan, Tiongkok dan Jepang dijadwalkan melakukan pertemuan virtual pada Jumat (15/5) waktu setempat. Mereka membahas upaya untuk bekerja sama dalam kampanye global melawan covid-19.

Pertemuan itu menjadi yang pertama di antara pejabat kesehatan negara utama di kawasan Asia Timur. Tepatnya sejak virus mematikan muncul di Wuhan, Tiongkok, pada akhir tahun lalu.

Baca juga: Kasus Kematian Global Akibat Covid-19 Melampaui 300 Ribu

"Para menteri akan bertukar pandangan tentang situasi covid-19 dan kebijakan terkait masing-masing negara," ujar Wakil Menteri Kesehatan Korea Selatan, Kim Gang-lip.

"Kami berencana untuk memperkenalkan upaya kami tentang berbagi informasi, prosedur entry khusus dan fasilitas perawatan skala besar," imbuhnya.

Ketiga negara optimistis wabah covid-19 dapat terkendali. Mereka juga mencari cara untuk memulihkan ekonomi domestik, sembari tetap mewaspadai gelombang kedua covid-19.

Wuhan diketahui tengah menguji 11 juta penduduk, setelah sekelompok kecil kasus baru memicu kekhawatiran setelah pelonggaran lockdown. Jepang menghapus keadaan darurat di sebagian besar wilayah. Namun, beberapa kota besar tetap melakukan pembatasan. Hasil tes menunjukkan penyebaran covid-19 di Tokyo lebih luas dari data yang dihimpun.

Baca juga: Korsel Gelar Pemilu Parlemen di Tengah Pandemi Covid-19

Sementara Korea Selatan yang terpukul wabah setelah Tiongkok, menjadi kisah sukses dalam memitigasi penyebaran covid-19. Tingkat kasus covid-19 di Negeri Gingseng hampir nol tanpa gangguan besar. Itu berkat pengujian intensif dan pelacakan kontak.

Namun, lonjakan infeksi belum lama ini di sektor kelab malam dan bar di beberapa distrik Seoul, menyebabkan penutupan kembali sejumlah wilayah dan penundaan pembukaan sekolah selama seminggu.(Malaymail/OL-11)

 

 

Baca Juga

AFP/Christopher Black

WHO Bentuk Yayasan untuk Tingkatkan Pendanaan Anti-Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 28 Mei 2020, 08:18 WIB
Upaya ini untuk membantu meringankan kekurangan uang tunai potensial saat memimpin perjuangan global melawan pandemi virus korona baru...
AFP/Karen Ducey

Kematian akibat Covid-19 di AS Lampaui Angka 100.000 Jiwa

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 28 Mei 2020, 07:57 WIB
Universitas Johns Hopkins mencatat angka kematian di AS yang dikonfirmasi tepat sebelum pukul 22.00 waktu setempat adalah 100.047 jiwa,...
AFP

Pasar Malam di Jepang di Era Normal Baru

👤MI 🕔Kamis 28 Mei 2020, 02:10 WIB
KETIKA pasar malam di Jepang perlahanlahan dibuka kembali, sekelompok operator taman bermain telah merilis pedoman...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya