Senin 29 Februari 2016, 14:15 WIB

Kalijodo Bisa Jadi Destinasi Wisata Baru di DKI

Sri Cahya Lestari | Megapolitan
Kalijodo Bisa Jadi Destinasi Wisata Baru di DKI

Djarot Saiful Hidayat, Wakil Gubernur DKI Jakarta.--Antara

 

WAKIL Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat, mengatakan kawasan Kalijodo bisa menjadi destinasi wisata baru di DKI Jakarta.

"Kalijodo yang legendaris ini juga bisa menjadi daerah tujuan wisata baru Jakarta. Kita akan bikin taman yang bagus kemudian terang. Ada tempat bermain. Taman-taman yang bagus sehingga warga bisa memanfaaatkan ini untuk refresing," ucapnya.

Selain itu, ungkap Djarot, nantinya di Kalijodo juga akan ada kuliner makanan-makanan terbaik.

"Nanti kita juga bicarakan makanan-makanan terbaik. Kuliner ada di sini. Sehingga menjadi tempat wisata," imbuh Djarot.

Saat ini, kata Djarot, sudah banyak pihak yang ingin berpartisipasi untuk membangun taman. Menurut dia, hal itu menandakan warga DKI memimpikan satu jalur hijau di sini sebagai taman yang bagus karena langsung dilihat.

"Sudah banyak pihak yang ingin berpartisipasi untuk membangun taman. Saya bilang pada teman-teman itu kita adakan kontes saja kita pilih yang terbaik. Kalau kita di bandara, dari atas terlihat bagus. Sehingga berkompetisilah mereka untuk membangun,"ujarnya.

Menurut dia, kawasan Kalijodo ini mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi karena keberadaannya sudah ada sejak seratus tahun yang lalu. Karena itu, kawasan ini mempunyai nilai historis sendiri.

"Kita akan kembalikan lagi namanya tetap menjadi Kalijodo tetapi dengan fungsi yang berbeda. Fungsinya sebagai taman interaktif jalur hijau yang bagus yang bisa dinikmati seluruh masyarakat Jakarta ataupun dari luar Jakarta yang ingin tau," ujarnya.

Lanjut Djarot, pihaknya juga akan mendokumentasikan perjalanan Kalijodo termasuk penggusuran ini. Sehingga masyarakat bisa mengerti seperti apa perkembangan kawasan Kalijodo tersebut.

"Kita akan foto-foto before and after sejarahnya seperti apa. Kita ada itu. Kita pampangkan biar masyarakat juga ngerti seperti apa perkembangannya termasuk ini (penggusuran) didokumentasikan untuk menunjukan bahwa pemerintah tidak boleh kalah dengan tekanan-tekanan para preman. Bahwa pemerintah itu serius untuk mengembalikan wilayah ini sebagai jalur hijau," katanya. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More