Jumat 15 Mei 2020, 13:45 WIB

Wapres: Kedisiplinan Masyarakat Saat PSBB Masih Jauh dari Harapan

Emir Chairullah | Humaniora
Wapres: Kedisiplinan Masyarakat Saat PSBB Masih Jauh dari Harapan

Antara/Aditya Pradana
Wakil Presiden Ma'ruf Amin berbincang dengan Kepala BNPB Doni Monardo seusai memberikan keterangan pers.

 

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin menyesalkan rendahnya tingkat kedisiplinan masyarakat untuk melakukan physical distancing selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Wapres berharap kedisiplinan tetap ditegakkan di berbagai lini. Baik di kalangan pemerintahan pusat, daerah maupun di kalangan masyarakat,” ujar Juru Bicara Wapres, Masduki Baidowi, saat dihubungi, Jumat (15/2).

Baca juga: Menag: Masih Pandemi, Salat Id di Rumah dengan Keluarga Inti

Bagi Ma’ruf, lanjut dia, keberhasilan dalam mengatasi pandemi covid-19 sangat bergantung pada kedisplinan masyarakat terhadap aturan. Sampai saat ini, Wapres menilai kedisiplinan masyarakat terkait physical distancing masih jauh dari harapan.

Terkait peristiwa antrean calon penumpang yang mengular di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta Kamis (14/5) kemarin, Wapres menyebut kementerian terkait sudah memberikan teguran sekaligus langkah pembenahan.

“Saya harap kejadian seperti itu tak tetulang lagi. Artinya, tetap menjaga kedisiplinan,” ungkap Masduki mengikuti ucapan Wapres.

Baca juga: Bagaimana Lockdown Covid-19 Pengaruhi Ramadan Global

Sebelumnya, Ma’ruf menyatakan tidak setuju dengan usulan Kementerian Agama untuk membolehkan salat id di masjid dan lapangan. Menurutnya, kegiatan ibadah yang mengumpulkan banyak orang harus dilarang. Sebab, pandemi covid-19 belum mereda.

“Prinsip dari Wapres tentang salat id di masa pandemi sudah dikemukakan pada ratas kabinet pada Selasa (12/5) kemarin. Larangan salat id berjemaah baik di masjid atau lapangan tetap dilarang sepanjang bahaya pandemi covid-19 belum mereda,” pungkasnya.(OL-11)

 

 

Baca Juga

Ilustrasi

Gugus Tugas akan Beri Dukungan Penuh kepada Tiga Provinsi

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 04 Juni 2020, 16:00 WIB
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akan memberikan dukungan penuh kepada tiga provinsi yang memiliki lonjakan kasus covid-19...
Antara

Doni Monardo Tegaskan Protokol Kesehatan Harga Mati

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 04 Juni 2020, 15:45 WIB
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 Doni Monardo kembali menegaskan protokol kesehatan di masa kenormalan baru (new normal)...
Antara

Taujihat MUI Pastikan Larang Salat Jumat Dua Sif

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 04 Juni 2020, 15:43 WIB
"Orang Islam yang tidak dapat melaksanakan salat Jumat disebabkan suatu 'uzur syar'i hanya diwajibkan melaksanakan salat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya