Jumat 15 Mei 2020, 09:45 WIB

Malaysia Izinkan Salat Jumat di Beberapa Negara Bagian

Nur Aivanni | Internasional
Malaysia Izinkan Salat Jumat di Beberapa Negara Bagian

AFP/MOHD RASFAN
Ulama Muslim mempraktikkan jarak sosial sambil membaca doa malam terawih di siaran langsung Masjid Nasional di hari pertama Ramadan.

 

SETELAH lebih dari dua bulan tidak bisa melakukan salat Jumat di masjid lantaran adanya wabah covid-19, umat Islam di beberapa negara bagian Malaysia mulai hari ini diperbolehkan untuk melaksanakan salat berjemaah.

Namun, untuk tahap awal, hanya sejumlah individu terpilih yang diizinkan melakukan salat Jumat dan salat berjemaah lainnya di masjid dan surau di wilayah masing-masing.

Seperti dikutip dari New Straits Times, Jumat (15/5), untuk saat ini, masjid dan surau akan tetap tertutup untuk umum.

Kemarin, Menteri di Departemen Perdana Menteri (Urusan Agama) Zulkifli Mohamad Al-Bakri mengatakan masjid dan surau yang dipilih di zona hijau covid-19 di Wilayah Federal akan diizinkan untuk mengadakan salat Jumat dan salat berjemaah lainnya, seperti Tarawih dan Idulfitri, secara bertahap mulai hari ini dan terbatas antara tiga hingga 30 orang, tidak termasuk imam.

Baca juga: Longgarkan Lockdown, Malaysia Izinkan Salat Jumat Terbatas Besok

Negara bagian Perlis juga telah memperbolehkan salat Jumat diadakan di masjid-masjid di seluruh negara bagian mulai hari ini, tetapi hanya terbatas pada anggota komite masjid. Sementara di Selangor, Perak dan Johor, mengizinkan jumlah orang yang salat berjemaah tidak melebihi 12 orang, termasuk imam dan anggota komite masjid.

Di Negeri Sembilan, hanya masjid dan surau yang dipilih yang diizinkan untuk melaksanakan salat Jumat mulai hari ini dan jemaahnya akan dibatasi antara empat hingga 12 orang yang terdiri dari anggota komite masjid.

Sementara itu, pemerintah Melaka telah memutuskan untuk mengizinkan salat Jumat dan salat berjemaah lainnya diadakan mulai 29 Mei dan seterusnya dengan jumlah jemaah sebanyak 40 orang. (NST/A-2)

 

 

Baca Juga

INSTAGRAM/kbridsm

Berbagi Keceriaan Idulfitri untuk WNI di Tanzania

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Mei 2020, 14:00 WIB
Duta Besar RI Dar es Salaam Prof. Dr. Ratlan Pardede berharap Idulfitri tahun ini tidak kehilangan makna karena keterbatasan yang ada...
AFP/KARIM JAAFAR

Dianggap Langgar Privasi, Aplikasi Covid-19 Qatar Tuai Kecaman

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 25 Mei 2020, 12:15 WIB
Aplikasi versi Qatar ini juga memaksa pengguna gawai Android untuk mengizinkan akses ke galeri foto dan video serta mengizinkan aplikasi...
AFP/Behrouz MEHRI

Jepang Berencana Cabut Darurat Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 25 Mei 2020, 11:25 WIB
Mayoritas warga menuruti imbauan itu dengan mayoritas jalan di Tokyo menjadi sepi dan angka infeksi covid-19 turun dari 700 per hari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya