Jumat 15 Mei 2020, 05:32 WIB

Inilah Tiga Skema Tahun Ajaran Baru di DKI Jakarta

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Inilah Tiga Skema Tahun Ajaran Baru di DKI Jakarta

Medcom.id
Ilustrasi sekolah

 

PEMPROV DKI Jakarta tengah menyiapkan tiga skema untuk mengaktifkan kembali sekolah menjelang dimulainya tahun ajaran baru pada Juli mendatang.Tiga skema itu ialah pertama hanya sebagian sekolah aktif dengan seluruh siswanya belajar di sekolah, kedua sebagian sekolah aktif dengan hanya sebagian siswa belajar di sekolah, dan ketiga semua sekolah dibuka tetapi sebagian besar siswa belajar di rumah.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta kepada Dinas Pendidikan DKI untuk mempertimbangkan adanya zona-zona covid-19 yakni zona merah untuk yang sudah memiliki kasus penyebaran covid serta zona hijau yang masih bebas dari covid. Hal itu disampaikan dalam rapat persiapan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) yang diunggah ke akun YouTube Pemprov DKI pada Kamis (14/5).

"Terutama untuk SD, di Jakarta ini ada zona merah dan zona hijau Karena skema ini tidak bisa diterapkan ke semua sekolah. Ada daerah seperti Rorotan yang masih bersih. Tidak ada masalah di situ. Kita harus melihat peta sebaran covid. Sehingga bisa melihat seberapa tinggi risiko di wilayahnya. Ada zona merah seperti Tanah Abang, Petamburan yang cukup tinggi risikonya sehingga perlu dipikirkan ulang," kata Anies.

Menurutnya skema untuk membuka sekolah dengan sebagian siswa kembali aktif bisa dilakukan di zona hijau.

"Skema ini menarik tapi penerapannya tidak bisa simetris di seluruh wilayah Jakarta. Penerapannya berbeda-beda untuk tiap lokasi," tutur mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Untuk melakukan hal itu harus tetap dengan mempertimbangkan kesiapan infrastruktur sekolah.

"Untuk sekolah seperti itu infrastrukturnya harus siap seperti tempat cuci tangan harus diperbanyak. Bisa jadi nanti di setiap dua kelas ada satu lokasi tempat cuci tangan," ungkapnya.

baca juga: Tahun Ajaran 2020/2021 di DKI Dimulai 13 Juli

Ia juga meminta sekolah bisa menerapkan physical distancing dalam mengaktifkan kembali kegiatan belajar mengajar. Hal lain yang harus dipikirkan yakni kesiapan dan keadaan kesehatan keluarga siswa dan guru. Rencananya, proses PPDB di DKI akan dimulai pada 15 Juni. Sementara untuk hari pertama sekolah di tahun ajaran baru akan dimulai pada 13 Juli.(OL-3)

Baca Juga

Antara/Risyal Hidayat

New Normal, LRT Jakarta Sediakan Footswitch Saat Masuk Lift

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 01 Juni 2020, 10:20 WIB
Pada saat kenormalan baru atau new normal diterapkan di Jakarta, transportasi light rail transit (LRT) Jakarta bakal meniadakan kontak...
MI/MOHAMAD IRFAN

​​​​​​​Selama Mei, 205 Orang Masuk ke Jakarta Lewat Pulo Gebang

👤Tri Subarkah 🕔Senin 01 Juni 2020, 09:55 WIB
"Kedatangan penumpang sejak 9 Mei sampai 31 Mei berjumlah 205 orang dengan menggunakan 43 bus," Kasatpel Operasional dan...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Pusat-Daerah Harus Bersinergi Bahas Pembukaan Sekolah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:09 WIB
"Saran kami, Gugus Tugas Nasional dengan kementerian terkait duduk bersama Pemprov DKI mengulas hasil evaluasinya berdasarkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya