Jumat 15 Mei 2020, 07:40 WIB

PT Timah Konsisten Tangani Covid-19

Media Indonesia | Ekonomi
PT Timah Konsisten Tangani Covid-19

MI/Rendy Ferdiansyah
PT. TIMAH bantu Rp.1 miliar untuk penanganan covid-19.

 

BERDAYAKAN Petani Hingga Bagikan Puluhan Ribu Sembako, PT Timah Tbk berkomitmen dan konsisten bersinergi dalam menangani pandemi Covid-19 di seluruh wilayah operasional perusahaan yakni di Bangka Belitung, Kepulauan Riau dan Jakarta. Melalui CSR dan program ERG, PT Timah tbk konkrit bergerak untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Sinergi dengan stakeholder terkait, PT Timah tbk konsisten menangani covid-19 dari medio Maret hingga pertengah an Mei 2020 ini dengan melakukan berbagai aksi nyata seperti: penyaluran bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) ke berbagai rumah sakit, menurunkan tim relawan untuk penyemprotan disinfektan di fasilitas umum yang menjangkau seluruh kabupaten kota, baik provinsi Babel juga Kepri, menyediakan cairan disinfektan, menyerahkan 300 unit wastafel portable yang didistribusikan ke seluruh wilayah operasional, membagikan ribuan liter handsanitizer, membagikan 30 ribu masker kain gratis bagi masyarakat sekitar.

Menyadari penanganan covid-19 harus dilakukan secara terstrukur dan masif, memasuki bulan Ramadhan ini PT Timah tbk terus hadir membantu masyarakat dengan membagikan 20 ribu paket sembako bagi masyarakat kurang mampu dan terdampak covid-19 yang disebar ke seluruh wilayah operasional. Paket sembako ini diharapkan, dapat mengurangi beban masyarakat terdampak covid-19.

Grafis MI

 

Pandemi covid-19 tidak hanya menyerang kesehatan manusia, tapi juga ekonomi secara luas. Perlambatan pergerakan ekonomi menjadi ancaman bersama, untuk itu PT Timah tbk berinisiatif untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan. Diantaranya dilakukan dengan memesan 300 westafel portabel kepada pelaku UMKM agar bisnis tetap bisa berjalan. Tidak hanya itu, PT Timah juga yang memberdayakan UMKM di masing-masing wilayah operasional untuk memproduksi 30 ribu masker kain.

Untuk memberikan stimulus perekonomian masyarakat, PT Timah tbk juga melibatkan petani, toko kelontong, dan Badan Usaha Milik Desa menyuplai bahan pokok untuk mengisi paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat terdampak covid-19.

Baru-baru ini PT Timah kembali menggelontorkan bantuan senilai Rp1 miliar kepada pemerintah Provinsi Kepualuan Bangka Belitung untuk menangani covid-19.

Bantuan ini diharapkan akan semakin cepat menanggulangi penyebaran covid-19.

Direktur Utama PT Timah Tbk, M. Riza Pahlevi mengatakan PT Timah akan tetap berkomitmen bersinergi dengan pemerintah provinsi hingga kabupaten/kota untuk menangani covid-19 hingga paska covid-19 mendatang.

“Kita juga menyiapkan APD dan beberapa perlengkapan lainnya ke RSBT (Rumah Sakit Bhakti Timah) dan beberapa rumah sakit lainnya yang ada di Babel (Bangka Belitung). Kemarin kita juga memberdayakan pengrajin untuk membuat 300 westafel, melibatkan UKM penjahit untuk membuat 30 ribu masker, yang terbaru kita mendistribusikan 20 ribu paket sembako yang dalam prosesnya melibatkan petani lokal dan warung-warung UMKM di Babel,” kata Riza.

Secara internal, Riza menyebutkan management telah menerapkan kebijakan diantaranya imbauan untuk melaksanakan work from home (WFH) baik secara full maupun parsial, menjalankan protokol penanganan covid-19 yang dikeluarkan pemerintah pusat secara ketat, melaksanakan pertemuan dan rapat secara virtual hingga pembatasan dinas luar.

“PT Timah adalah bagian dari masyarakat dan kita berkomitmen menghadapi ini bersama dengan saling membantu. Bersinergi untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 agar pandemi ini segera berlalu,” katanya. Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan, PT Timah telah sejak lama berkomitmen menangani covid-19 dengan berbagai aksi korporasi yang dilakukan PT Timah, tidak hanya bencana kali ini saja melainkan juga bencana lainnya.

“PT Timah sudah lama berkomitmen sebelum penyerahan Rp1 miliar beberapa kegiatan sudah banyak dilakukan PT Timah termasuk memberdayakan UMKM. PT Timah akan tetap berdampingan dengan pemprov menangani covid ini,” ujarnya.

Salah satu pengurus BumDes Desa Delas, Bangka Selatan, Jumadi mengatakan melalui program pembelian sembako di BumDes tidak hanya membantu masyarakat Desa Delas yang kurang mampu, melainkan juga membantu masyarakat. Pasalnya, keuntungan yang diperoleh Bumdes akan dijadikan pendapatan desa yang nantinya akan digunakan untuk kepentingan masyarakat.

“Terimakasih pada PT Timah sudah belanja disini sudah membantu ekonomi masyarakat desa Delas dan sudah bantu masyarakat, bukan hanya bantu pemdes atau Bumdes tapi seluruh masyarakat, karena keuntungan Bumdes ini akan disetor dalam bentuk PAD desa,” katanya.

Baca Juga

MI/Pius Erlangga

PT SMI Cairkan Pinjaman Rp1,857 Triliun ke 8 Daerah

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 26 November 2020, 22:12 WIB
Dari 19 daerah yang telah disetujui itu, Pulau Jawa masih mendominasi pinjaman dengan porsinya 64%, Sulawesi 23%, Sumatera 10%, Maluku dan...
DOK IST

Tekan Biaya Produksi dengan Buah Bintaro

👤Gana Buana 🕔Kamis 26 November 2020, 21:38 WIB
Penurunan oil content secara otomatis menghemat penggunakan...
DOK IST

Penjualan Pocky Capai 589,9 Juta Dolar AS

👤Budi Ernanto 🕔Kamis 26 November 2020, 21:35 WIB
Data penjualan sebesar US$589,9 juta sepanjang 2019 di seluruh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya