Jumat 15 Mei 2020, 07:20 WIB

Jaga Gairah Sektor Properti, BTN Salurkan SSB

Media Indonesia | Ekonomi
Jaga Gairah Sektor Properti, BTN Salurkan SSB

Dok. BTN
BTN menyalurkan kredit subsidi selisih bunga Rp22 triliun.

 

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Kementerian Keuangan dalam waktu dekat akan mengalirkan subsidi selisih bunga (SSB) kepada PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk untuk mendorong pembiayaan perumahan bagi masyarakat menengah ke bawah.

Direktur Utama Bank BTN Pahala Nugraha Mansury menyampaikan SSB tersebut merupakan bagian dari stimulus pemerintah paket kedua dan BTN siap menyalurkannya. SSB tersebut diproyeksikan dapat dipakai untuk mendukung 146 ribu rumah yang akan disalurkan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Pada saat seperti ini memang dibutuhkan bantuan dari pemerintah untuk tetap memutar roda perekonomian. Kami berterima kasih kepada pemerintah yang tetap berkomitmen mendukung sektor pembiayaan perumahan bagi rakyat dengan mengucurkan SSB dan memercayakan kepada Bank BTN untuk menyalurkannya,” kata Pahala dalam keterangan resminya, kemarin.

Ia menjelaskan, dengan asumsi peruntukan bagi 146 ribu rumah, total kredit yang dapat disalurkan BTN mencapai sekitar Rp22 triliun. “Ini sudah cukup bagi korporasi pada saat ini. Ini sudah sangat membantu dan likuiditas BTN sangat mendukung, apalagi dengan penurunan GWM (giro wajib minimum) dan DPK (dana pihak ketiga) perseroan sampai dengan Maret 2020 tumbuh,” ujarnya.

Pahala menambahkan, likuiditas BTN saat ini cukup aman dan terjaga. Sementara itu, rasio aset likuid terhadap non-core deposit (AL/NCD) terjaga di atas 80%, masih jauh di atas regulasi yang dipatok 50%.

“SSB dapat menggairahkan sektor properti yang saat ini terpukul pandemi covid-19 karena dapat mendorong permintaan dan bisa menggerakkan pengembang properti dan 172 sektor turunan properti lainnya,” katanya.

Dalam tiga bulan pertama 2020, penyaluran KPR subsidi Bank BTN (konvensional dan syariah) mencapai Rp3,68 triliun dengan jumlah rumah sebanyak 27.224 unit. (RO/E-2)

Baca Juga

Antara/Agung Rajasa

Punya Kontribusi Besar, Kinerja Sektor Manufaktur Perlu Digenjot

👤Hilda Julaika 🕔Senin 25 Mei 2020, 15:16 WIB
Tahun lalu, kontribusi sektor industri terhadap PDB mencapai 17,58%. Angka itu menunjukkan sektor industri masih memberikan kontribusi...
MI/SUSANTO

DPD HIPPI DKI Jakarta Apresiasi Langkah Menteri BUMN Bantu UMKM

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 25 Mei 2020, 14:30 WIB
UMKM yang bergerak disektor kontruksi dan konsultan tahun ini diperkirakan peluang mendapatkan pekerjaan dari pemerintah sangat...
Antara/Wahdi Septiawan

Neraca Perdagangan Produk Pertanian Masih Positif

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 25 Mei 2020, 13:54 WIB
Ini merupakan dampak dari penguatan produksi dalam negeri dan upaya pemerintah membuka akses pasar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya