Jumat 15 Mei 2020, 06:00 WIB

Salat Idul Fitri di Rumah Saja

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Salat Idul Fitri di Rumah Saja

MUI/NRC/L-1
Ketentuan Salat Idul Fitri di Rumah

 

DALAM menghadapi datangnya 1 Syawal 1441 H di tengah pandemi covid-19, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa. Salah satunya mengimbau kaum muslimin agar melaksanakan salat Idul Fitri di rumah saja bersama keluarga.

Sejalan dengan fatwa MUI tersebut, Pemerintah melalui Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi meminta agar salat Idul Fitri dilaksanakan di rumah saja. Melaksanakan salat Id di rumah saat pandemi, menurut Zainut, berpahala sama dengan keutamaan yang sama pula.

“Melaksanakan salat Idul Fitri di rumah karena menghindari wabah seperti pandemi covid-19 tetap mendapat pahala yang sama. Pasalnya,
kita merasa khawatir untuk menjaga keselamatan jiwa kita dari wabah,” ujarnya seusai berbuka bersama dengan wartawan di Jakarta, kemarin.

Khalifah Umar bin Khattab saja, Zainut mencontohkan, menghindari wabah yang berjangkit pada masanya.

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi melalui keterangan tertulisnya, Rabu (13/5), juga telah mengimbau agar dalam menyambut
Idul Fitri umat Islam tetap tinggal di rumah. “Saya imbau umat Islam salat Id di rumah saja bersama keluarga inti. Ini bagian dari empati dan komitmen sebagai umat beragama dalam penanganan covid-19,” pesan Menag.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Pusat Asrorun Niam Sholeh membenarkan terbitnya fatwa MUI yang mengizinkan salat Id di rumah saja. Menurut dia, atas pertanyaan masyarakat, MUI menggelar rapat secara daring dengan dipimpin ketua dan sekretaris komisi fatwa serta diikuti 41 anggota dan pimpinan komisi fatwa. Pembahasan fatwa dilakukan sejak 6 Mei 2020 dan final pada Rabu (13/5).

“Secara substansi, fatwa telah rampung dan dapat menjadi pedoman pelaksanaan ibadah Idul Fitri,” kata Asrorun, Rabu malam.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga menerbitkan edaran. Dalam edaran terbaru, Muhammadiyah tetap berpegang pada edaran sebelumnya
dan memutuskan meniadakan salat Idul Fitri di lapangan.

“Salat Id, bagi yang menghendaki, dapat dilakukan di rumah masingmasing bersama keluarga dengan cara yang sama seperti salat Id di lapangan,” ungkap Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti.

Doa kebangsaan

Presiden Joko Widodo mengajak seluruh elemen bangsa berdoa agar negeri ini bisa berhasil melalui masa sulit menghadapi pandemi virus korona.

Berbagai ikhtiar yang dilakukan semua pihak untuk mengatasi pandemi perlu dibarengi dengan memanjatkan doa.

“Selain berikhtiar dengan berbagai usaha lahiriah, kita juga wajib ikhtiar batiniah dengan tidak henti-hentinya memanjatkan doa memohon pertolongan Allah SWT agar rakyat, agar bangsa dan negara kita, juga dunia segera terbebas dari pandemi ini,” tutur Presiden dalam acara Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan yang digelar secara daring dari Istana Merdeka, Jakarta, kemarin.

Ia menyatakan pandemi covid-19 sebagai ujian. Wabah ini banyak memakan korban jiwa, tapi sebagian mampu melewati atau sembuh. Sebab itu, Presiden meminta seluruh elemen bangsa juga agar optimistis.

“Kita tidak boleh pesimistis, tidak boleh putus asa. Kita semuanya wajib berikhtiar dan berusaha sekuat tenaga untuk melindungi diri kita, melindungi keluarga kita, melindungi saudara-saudara kita, melindungi bangsa kita, melindungi negara kita dari penularan virus korona ini,” ucap Kepala Negara. (Dhk/X-6)

Baca Juga

AFP

Son Ye-Jin Bersiap Debut di Film Hollywood

👤MI 🕔Rabu 08 Juli 2020, 02:35 WIB
BINTANG Korea Selatan, aktris drama Crash Landing on You, Son Ye-jin, 38, dijadwalkan untuk muncul dalam film Andrew Niccol, The...
BMKG

BMKG : Aktivitas Gempa di Lebak dan Sukabumi Meningkat

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 07 Juli 2020, 23:30 WIB
Gempa yang dirasakan di kedua wilayah itu pada Selasa, 7 Juli 2020 dipastikan tidak saling menjalar dan...
MI/ Bary F

Kebun Raya Bogor kembali Dibuka untuk Umum

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 07 Juli 2020, 23:20 WIB
Dia berharap, pengunjung dapat mengikuti protokol kunjungan yang berlaku di Kebun Raya untuk bersama-sama membantu mencegah penyebaran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya