Jumat 15 Mei 2020, 03:25 WIB

Pemkab Purbalingga Bentuk Satgas Jogo Tonggo

Lilik Darmawan | Nusantara
Pemkab Purbalingga Bentuk Satgas Jogo Tonggo

DOK.MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) mengeluarkan Surat Edaran (SE) Bupati Purbalingga No. 300/9296 tertanggal 13 Mei 2020 yang memerintahkan dibentuknya Posko Gugus Covid-19 di tingkat kecamatan, desa, atau kelurahan. Selain itu, juga dilakukan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Jogo Tonggo sesuai dengan instruksi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan payung hukum tersebut juga mengatur mengenai pedoman penyediaan ruang karantina Covid-19 di Purbalingga. "Ruang karantina harus memiliki standar. Di antaranya ventilasi yang baik, cahaya matahari cukup, ruangan tidak lembab, luas ruangannya cukup, ada ruang terbuka hijau, dan memiliki sarana MCK," jelas Bupati, Kamis (14/5).

Bupati menambahkan, perlu ada pengadaan karantina di desa untuk menampung orang tanpa gejala (OTG) yang berkontak erat dengan pasien positif Covid-19,  orang dalam risiko (ODR) maupun orang dalam pemantauan (ODP).

Dijelaskan oleh Bupati, ruang karantina tersebut dikelola oleh Gugus Tugas pada tingkat desa atau kelurahan. "Gugus Tugas nantinya  menyediakan logistik kepada warga yang masuk karantina, menghubungi pihak medis untuk menindaklanjuti warga yang dikarantina. Kami juga berharap Posko Gugus Tugas lebih diaktifkan lagi dan mengupayakan kepedulian gotong-royong dan keswadayaan masyarakat dalam lingkup RT/RW melalui Satgas Jogo Tonggo," jelasnya.

Satgas Jogo Tonggo akan diketuai Ketua RW dibantu Ketua RT. Dalam pelaksanaannya, Satgas Jogo Tonggo mencakup dua hal. Yakni jaring  pengaman sosial dan keamanan serta jaring ekonomi.

"Untuk jaring pengaman sosial dan keamanan meliputi sosialisasi, pendataan, dan pemantauan warga. Sedangkan untuk jaring pengaman ekonomi bertugas memastikan tidak ada satupun warga yang kelaparan selama pandemi dan mengusahakan kegiatan ekonomi warga berjalan dengan baik pascapandemi," tambahnya. (R-1)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Satgas Covid-19 belum Tahu Penyebab Satu Keluarga Meninggal

👤Antara 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 05:23 WIB
Hasil pemeriksaan swab belum keluar, jadi belum dipastikan meninggalnya suami istri, anak dan janin di Surabaya  akibat...
ANTARA

Pemkot Medan Janjikan Bantuan ke Sekolah Swasta

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 05:05 WIB
Surat edaran Wali Kota Medan melarang pembebanan biaya pendaftaran maupun biaya pembangunan pada pelaksanaan penerimaan peserta didik baru...
DOK MI

Puncak Pandemi Covid-19 di Kalsel Diperkirakan Juli

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 04:30 WIB
Hingga Jumat (5/6) jumlah kasus positif virus korona di Kalsel mencapai 1.142...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya