Jumat 15 Mei 2020, 00:10 WIB

Bansos Tahap II Disalurkan

Atalya Puspa | Megapolitan
Bansos Tahap II Disalurkan

ANTARA

 

PEMERINTAH mulai menyalurkan bantuan sosial (bansos) tahap kedua bagi masyarakat yang terdampak covid-19 di wilayah Jakarta. Jika pada bansos tahap pertama yang dibagikan sembako, bansos kedua ini dibagikan dalam bentuk beras saja.

“Bantuan beras 25 kilogram untuk setiap keluarga penerima manfaat (KPM) wilayah Jakarta yang langsung disalurkan Bulog,” kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Pendampingan Sosial (Linjamsos) Kementerian Sosial Pepen Nazaruddin saat memberikan keterangan resminya secara daring, kemarin.

Hingga saat ini penyaluran bansos covid-19 tahap dua progresnya telah mencapai 32%. Di saat bersamaan, imbuhnya, Kemensos juga melakukan sinkronisasi data untuk penyaluran bansos tahap ketiga dalam bentuk sembako, yang pembagiannya bersinergidengan Pemprov DKI Jakarta. “Akan ada pembagian target dan wilayah. Distribusi di DKI itu ialah di Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu, sisanya oleh Kemensos,” ungkap Pepen.

Kemensos akan membagikan bansos kepada 1,2 juta kepala keluarga (KK), sedangkan Pemprov DKI 938 ribu KK. Penerima bansos covid-19 di Jakarta di tahap kedua bertambah hampir satu juta KK dari bansos tahap I yang tadinya cuma 1,194 juta KK. Pepen mengatakan bantuan tahap ketiga diberikan dalam bentuk sembako. Penyalurannya akan dilakukan dua kali dalam sebulan masing-masing senilai Rp300 ribu, sejak April 2020 hingga Juni 2020.


Keluarga miskin

Di masa pandemi covid-19, pemerintah menyiapkan tiga jenis bansos khusus bagi warga terdampak. Pertama, bantuan sembako dari pemerintah pusat untuk warga DKI Jakarta sebesar Rp600 ribu per bulan, selama tiga bulan.

Kedua, bansos untuk warga di wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi sebesar Rp600 ribu per bulan, selama tiga bulan. Ketiga, bansos untuk masyarakat di luar Jabodetabek dalam bentuk BLT untuk 9 juta KK sebesar Rp600 ribu per bulan, selama tiga bulan.

Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kemensos Asep Sasa Purnama menyampaikan, hingga saat ini BLT telah diberikan kepada 2 juta KK dari target 9 juta KK. “Penyaluran bansos tunai ditarget rampung pada pekan ketiga Mei 2020 sebelum Hari Raya Idul Fitri,” ujarnya.

Asep mengatakan bansos ini ditujukan bagi keluarga miskin yang terkena dampak covid-19. Untuk penyalurannya, pihaknya bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dengan strategi salur ataupun didistribusikan ke tempat yang telah ditentukan. (H-2)

Baca Juga

Istimewa

KNPI Banyak Temukan Penyimpangan Bansos di Kabupaten Bogor

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 01 Juni 2020, 16:55 WIB
PROGRAM Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang baru beberapa bulan berjalan di Kabupaten Bogor, ditemukan indikasi pemotongan. Termasuk...
MI/Ramdani

Pemprov DKI Gencarkan Rapid Test di 58 Kelurahan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 01 Juni 2020, 16:23 WIB
Dari 58 kelurahan terpilih, sebanyak 143.091 orang telah menjalani rapid test, dengan 5.682 orang dinyatakan reaktif...
Ilustrasi

Jumlah Pasien Covid-19 di DKI Turun, yang Sembuh Bertambah

👤Kautsar Bobi 🕔Senin 01 Juni 2020, 16:22 WIB
Penambahan pasien positif terjangkit virus korona (covid-19) di DKI Jakarta cenderung menurun. Per Senin, 1 Juni 2020, terdapat penambahan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya