Kamis 14 Mei 2020, 16:30 WIB

Pasokan Uang Jelang Lebaran di Jabar Berkurang

Bayu Anggoro | Nusantara
Pasokan Uang Jelang Lebaran di Jabar Berkurang

ANTARA/SYIFA YULINNAS
Bank Indonesia bersama bank umum lainnya telah berkoordinasi dalam menyiapkan layanan penukaran uang.

 

UNTUK mengantisipasi kebutuhan pada Hari Raya Idul Fitri 2020, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Barat menyiapkan uang tunai sebesar Rp21,66 triliun. Jumlah itu turun cukup signifikan ketimbang Lebaran tahun lalu.

Kepala BI Kantor Perwakilan Jawa Barat Herawanto mengatakan, pasokan uang tersebut turun 11,2% dibanding jelang Lebaran 2019 yang mencapai Rp24,39 triliun. Penurunan ini terjadi mengingat saat ini masih terjadi pandemi virus korona (covid-19).

Baca juga: Stok dan Harga Bahan Pokok Terkendali

"Menurut perhitungan kami, kebutuhan uang tunai pada Lebaran tahun ini Rp21,66 triliun. Itu untuk Jawa Barat di luar Bogor Raya," kata Herawan di Bandung, Kamis (14/5).

Meski terjadi penurunan dibanding Lebaran 2019, menurutnya kebutuhan uang pada momentum ini selalu meningkat ketimbang hari-hari biasa sebesar 10,91%. Lebih lanjut, dia merinci uang tersebut akan didistribusikan ke sejumlah wilayah seperti Bandung Raya Rp14,9 triliun, Cirebon Raya Rp4,04 triliun, dan Priangan bagian timur Rp2,72 triliun.

Mengingat saat ini masih terjadi pandemi covid-19, pihaknya tidak membuka layanan kas keliling untuk penukaran uang. Sebagai gantinya, Bank Indonesia sudah bekerjasama dengan perbankan penerima layanan penukaran uang.

"Kami siapkan 599 titik layanan penukaran uang," katanya. Dia memastikan pelayanan tersebut akan mematuhi protokol covid-19 demi mendukung penekanan pandemi tersebut.

"Kami perintahkan wajib memakai masker, siapkan hand sanitizer, alat pemindai suhu tubuh," katanya. Dia juga meminta warga tidak menukar uang dari penjual uang baru di pinggir jalan karena memiliki potensi penyebaran covid-19 yang lebih besar.

"Tukarkan uang di bank-bank yang sudah bersedia. Lebih aman, lebih steril," katanya. (BY/A-1)

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Perwali PSBB Palembang Resmi Diubah

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 12:24 WIB
Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, ada beberapa poin yang aturan dalam Perwali direvisi sebab PSBB tahap kedua ini lebih...
MI/Gabriel Langga

Cak Imin Salurkan Sembako Untuk Warga Kurang Mampu di Sikka

👤Gabriel Langga 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 11:46 WIB
Bantuan dari Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar langsung diperuntukan bagi warga kurang mampu yang ada di wilayah Kelurahan Wairotang,...
DOK Pemprov Kalimantan Tengah

Kalteng Siap Gelar Pilkada Serentak dan Ikuti Protokol Kesehatan

👤Surya Sriyanti 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 11:36 WIB
Pilkada serentak di Kalimantan Tengah akan mengikuti protokol kesehatab dengan disiapkan tempat cuci tangan untuk peserta pemilih dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya