Kamis 14 Mei 2020, 18:12 WIB

30 Juta Pekerja Sektor Properti Terancam Pandemi

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Ekonomi
30 Juta Pekerja Sektor Properti Terancam Pandemi

Antara/M Risyal Hidayat
Pekerja melintasi proyek pembangunan Jakarta International Stadium di Tanjung Priok, Jakarta.

 

ASOSIASI Pengusaha Indonesia (Apindo) menyatakan tekanan pandemi covid-19 berdampak buruk bagi sektor properti, termasuk aspek ketenagakerjaan.

Berdasarkan hasil kajian terbatas Apindo, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Real Estate Indonesia (REI), jika industri properti dan industri turunan terguncang, maka sekitar 30 juta pekerja berpotensi terkena dampak.

"Kita semua berupaya agar industri properti ini jangan sampai terganggu. Karena ada 30 jutaan pekerja yang berpotensi terdampak. Ini jumlah yang sangat besar dan tidak main-main,” ujar Ketua Bidang Properti Apindo, Sanny Iskandar, dalam konferensi pers virtual, Kamis (14/5).

Baca juga: Sektor Properti Jaga Optimisme di Tengah Wabah Covid-19

Belum lagi sektor informal yang juga terdampak, seperti sewa kontrakan dan warung untuk pekerja lapangan. Pengembang dikatakannya berupaya mempertahankan kelangsungan usaha.

Nasib 30 juta pekerja di sektor properti dan industri turunan juga tengah diperjuangkan. Pengusaha berupaya agar tidak terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) saat pandemi.

Di sisi lain, industri properti Indonesia dinilai masih memiliki peluang untuk berkembang. Dalam hal ini, jika mendapat porsi yang seimbang dari pemerintah. Misalnya, kebijakan yang terintegrasi untuk pendanaan, perizinan dan pertanahan, perpajakan, hingga kepemilikan properti.(OL-11)

 

Baca Juga

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian/Tim Riset MI-NRC

89 Proyek Penggerak Ekonomi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:24 WIB
Selama 2020-2024, proyek strategis nasional ditargetkan bisa menyerap 4 juta tenaga kerja setiap...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/wsj.

Sensus Penduduk Daring Berakhir

👤(Mir/E-3) 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 04:30 WIB
BADAN Pusat Statistik (BPS) menutup sensus penduduk daring tadi malam pukul 23.59 WIB. Hingga kemarin siang, sensus yang dimulai sejak 15...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Pasar Optimistis Prospek Ekonomi ke Depan

👤HILDA JULAIKA 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 04:20 WIB
RENCANA pembukaan kembali sejumlah aktivitas perekonomian dan terjaganya stabilitas sistem keuangan Indonesia menimbulkan optimisme...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya