Kamis 14 Mei 2020, 16:03 WIB

Penaikan Iuran BPJS Saat Pandemi Dinilai Tidak Tepat

Atalya Puspa | Humaniora
Penaikan Iuran BPJS Saat Pandemi Dinilai Tidak Tepat

MI/Pius Erlangga
Suasana kantor BPJS Kesehatan di Jakarta Pusat.

 

KETUA Advokasi BPJS Watch, Timboel Siregar, menilai penaikan iuran BPJS Kesehatan di tengah pandemi covid-19 sangat tidak tepat.

"Saya kira masih banyak cara mengatasi defisit. Bukan dengan menaikkan iuran, apalagi di tengah resesi ekonomi saat ini," kata Timboel saat dihubungi, Kamis (14/5).

Timboel menekankan pemerintah seharusnya melihat kondisi daya beli masyarakat yang melemah akibat pandemi. Kebijakan penaikan iuran malah berpotensi meningkatkan jumlah peserta nonaktif. Akibatnya, tunggakan iuran BPJS Kesehatan di rumah sakit semakin membesar.

Baca juga: Tahun Ini, BPJS Kesehatan Diprediksi Defisit Rp 6,9 Triliun

Lebih lanjut, dia berpendapat langkah yang diambil pemerintah sebaiknya cleansing data penerima bantuan iuran (PBI). Dirinya meyakini peserta kelas III saat ini masih banyak dihuni masyarakat mampu.

"Bila memang penghuni kelas III mandiri miskin ya masukkan saja ke PBI. Sementara yang mampu, bayar sendiri tanpa subsidi," pungkas Timboel.

"Presiden harus melakukan evaluasi kepada seluruh anak buahnya terkait JKN. Terutama evaluasi kinerja Direksi BPJS Kesehatan," tutupnya.(OL-11)

 

Baca Juga

Antara

Bertemu Jokowi, JK Bahas Soal PSBB DKI Jakarta

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 03 Juni 2020, 20:05 WIB
Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) mengatakan sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo membahas pembatasan sosial...
Ilustrasi

New Normal, Perlu Perhatian Khusus untuk Perempuan

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:59 WIB
Komnas Perempuan mendorong integrasi berperspektif Hak Asasi Manusia (HAM) yang inklusif dan interseksional, dengan perhatian khusus...
Dok Universitas Indonesia.

Hadapi New Normal, UI Menjadi Mitra Kemenhub

👤Retno Hemawati 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:29 WIB
Ada kecenderungan perubahan kebijakan publik yang dilakukan pemerintah dari kebijakan yang berfokus pada pencegahan dan penularan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya