Kamis 14 Mei 2020, 15:45 WIB

Kohanudnas Buat Kuis Interaktif agar Betah di Rumah saat Covid-19

Galih Agus Saputra | Humaniora
Kohanudnas Buat Kuis Interaktif agar Betah di Rumah saat Covid-19

AFP
Ilustrasi

 

KOMANDO Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) meluncurkan kuis interaktif bagi anak-anak. Tujuannya agar anak-anak betah di rumah selama masa pandemi korona (Covid-19). Kuis yang dapat diikuti pelajar SMP itu diluncurkan Pangkohanudnas, Marsda TNI Imran Baidirus, Kamis (14/5).

Menurut Imran, permainan ini tidak sekedar menemani waktu luang anak-anak, tetapi juga membangun semangat patriotisme dan nasionalismenya. Secara keseluruhan, ada 50 soal yang disertakan dalam kuis tersebut, dan bisa diselesaikan dalam 60 menit.

"Permainan ini berhadiah. Semoga kalian bisa menjadi salah satu pemenangnya. Yang paling penting adalah terus ikuti informasinya melalui Twitter, Instagram, atau media sosial lainnya. Sekarang, jam menunjukan pukul 12.59 untuk WIB, 13.59 untuk WITA, dan 14.59 utk WIT. Sebentar lagi kita akan lakukan hitung mundur dari hitungan ke lima, dan secara resmi permainan ini dimulai. Selamat bermain, selalu ikuti peraturan dan jujurlah senantiasa," tuturnya, dalam video konferensi pers, Kamis (14/5).

Imran menjelaskan bahwa nama kuis tersebut ialah 'Penjaga Langit'. Pelajar SMP di seluruh Indonesia dapat mengikutinya dengan mengisi formulir elektronik di alamat daring yang tercantum di akun Instagram @penjagalangit1962. Kuis dibuka tiap Kamis mulai pukul 13.00 WIB.

Meski 'Penjaga Langit' saat ini baru dibuka untuk siswa SMP, Imran mengatakan kedepannya tidak menutup kemungkinan bagi Kohanudnas untuk membuat soal siswa SMA dan Perguruan Tinggi. Ia juga mengatakan bahwa kuis tersebut dapat tetap dibuka saat pandemi berakhir, seandainya antusiasme siswa terus meningkat.

"Sejauh ini sudah ada 550 peserta yang ikut. Paling banyak dari Jawa Barat dan Jakarta," tutur Imran, beberapa menit setelah peluncuran kuis 'Penjaga Langit'.

Kuis 'Penjaga Langit' mengajarkan anak-anak di rumah untuk mengenal nama pahlawan, peta buta, lagu daerah, dan tari daerah. Selain itu, anak-anak juga akan dilatih menguasai geografi, nama-nama pesawat, dan juga lagu-lagu kebangsaan. Melalui kuis yang dapat diakses dengan gawai itu peserta juga dapat memenangkan kuota data, seharga Rp. 100 ribu untuk 50 anak, seharga Rp. 150 untuk 20 anak, dan seharga Rp. 200 ribu untuk 10 anak.

“Kami ingin anak-anak juga memiliki pengetahuan tentang wawasan nusantara, pertahanan negara dan juga kebangsaan. Masa depan Indonesia terletak pada keberhasilan kita mendidik dan menanamkan nilai-nilai luhur bangsa kepada generasi-generasi baru dengan menggunakan bahasa mereka,” imbuh Imran. (OL-13)

Baca Juga

Antara

Kampus USU Bersiap Masuki Kenormalan Baru

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 05 Juni 2020, 17:20 WIB
KENDATI berada di Kota Medan yang masih berstatus zona merah penularan Covid-19, kampus USU tengah memersiapkan sistem dan lingkungan...
Antara/NOVA WAHYUDI

Pasien Positif 29.521, 6 Provinsi Nihil Kasus Baru Covid-19

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 05 Juni 2020, 17:05 WIB
Ada 19 prov yang angka kenaikannya di bawah 10, diantaranya 3 provinsi hanya melaporkan 2 kausus baru, 4 provinsi melaporkan 1 kasus...
MI/Djoko Sarjono

Kunci Kenormalan Baru itu Cuma Disiplin Diri

👤Djoko Sardjono 🕔Jumat 05 Juni 2020, 16:20 WIB
TANPA pendisiplinan protokol kesehatan, bukan tidak mungkin akan muncul klaster baru kasus Covid-19 yang lebih parah dari kondisi yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya