Kamis 14 Mei 2020, 14:07 WIB

Antrean Mengular di Soetta, AP II: Ada 13 Penerbangan Bersamaan

Hilda Julaika | Ekonomi
Antrean Mengular di Soetta, AP II: Ada 13 Penerbangan Bersamaan

Antara
Antrean calon penumpang mengular di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta.

 

PADA Kamis (14/5) dini hari publik dikagetkan sejumlah foto yang menunjukkan antrean mengular di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai operator bandara membenarkan adanya antrean tersebut. Senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Soetta, Febri Toga, mengatakan kondisi itu disebabkan 13 jadwal penerbangan dalam waktu yang hampir bersamaan.

Baca juga: Tetap Beroperasi saat Covid-19, AP II Lakukan Penghematan

Para penumpang pun diharuskan melakukan verifikasi data secara ketat. Sehingga, terjadi antrean mengular. “Antrean di posko verifikasi dokumen terjadi mulai pukul 04.00 WIB, di mana calon penumpang memiliki jadwal penerbangan pukul 06.00-08.00 WIB,” jelas Febri dalam keterangan resmi, Kamis (14/5).

“Di antara waktu tersebut, terdapat 13 penerbangan dengan keberangkatan hampir bersamaan, yaitu 11 penerbangan Lion Air Group dan 2 penerbangan Citilink,” imbuhnya.

Febri mengatakan personel AP II di lokasi berupaya penuh mengatur antrean. Namun, calon penumpang yang datang cukup banyak di Terminal 2 Gate 4. Akhirnya, pada pukul 05.00 WIB diinformasikan antrean sudah berhenti menumpuk.

Baca juga: Empat Maskapai Ajukan Penerbangan di Bandara DIY

Pihaknya menjelaskan pada masa pembatasan penerbangan, calon penumpang harus melakukan verifikasi kelengkapan dokumen. Hal ini sebagai syarat untuk proses check-in. Verifikasi dokumen dilakukan personel gabungan dari sejumlah instansi yang masuk dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Adapun dokumen yang diverifikasi sebagai syarat, yaitu tiket penerbangan, surat keterangan dinas, surat bebas covid-19 dan dokumen lain sesuai Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020. Ke depan, pihaknya akan menata jadwal keberangkatan penerbangan.

“Seluruh stakeholder akan melakukan evaluasi untuk menata jadwal penerbangan, supaya tidak ada yang berdekatan,” pungkas Febri.(OL-11)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

Antara

Kemendesa PDTT Terima 500 Aduan Terkait BLT Dana Desa

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 03 Juni 2020, 21:26 WIB
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi telah menerima 500 aduan terkait Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa...
MI/SUSANTO

Terdampak Covid-19, Pendapatan Perusahaan PR Anjlok Hingga 50%

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 03 Juni 2020, 21:14 WIB
Wabah covid-19 yang tengah melanda Indonesia beberapa bulan terakhir  telah memukul perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi dan...
MI/Heri Susetyo

Perubahan Pelunasan Utang Sukuk Garuda Diumumkan 10 Juni

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 03 Juni 2020, 20:58 WIB
Vice President Corporate Secretary PT Garuda Indonesia Mitra Piranti mengungkapkan bahwa persetujuan perubahan kesepakatan utang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya