Kamis 14 Mei 2020, 12:15 WIB

Meksiko Akan Longgarkan Lockdown secara Bertahap

Nur Aivanni | Internasional
Meksiko Akan Longgarkan Lockdown secara Bertahap

AFP/ ALFREDO ESTRELLA
Mobil jenazah tiba di Pantheon Sipil San Nicolas Tolentino di Mexico City, pada 12 Mei 2020.

 

Pemerintah Meksiko, pada Rabu (13/5), mengumumkan akan mengurangi penguncian wilayah atau lockdown nasional mulai 18 Mei untuk mengaktifkan kembali perekonomian yang terhenti dua bulan lalu dalam mengatasi pandemi virus covid-19.

Dikutip dari Xinhua, Kamis (14/5), rencana yang berjudul 'normal baru' itu, kata Menteri Ekonomi Graciela Marquez, akan melonggarkan pembatasan dalam tiga tahap.

Tahap pertama akan melihat aktivitas ekonomi berlanjut di 269 kota, di 15 dari 32 negara bagian, daerah yang telah mencatat nol kasus atau jumlah infeksi covid-19 yang rendah.

Sejak 18 Mei hingga 31 Mei, tahap kedua akan melihat sektor ekonomi tertentu untuk mulai bersiap melanjutkan kegiatan mereka, yaitu konstruksi, pertambangan, dan manufaktur otomotif.

Baca juga: Bukti Keberadaan Homo Sapiens di Eropa Ditemukan di Bulgaria

"Untuk tahap kedua, kami akan memberikan pedoman dan protokol. Kami harus menjamin kesehatan dan aman untuk kembali beraktivitas," kata Marquez.

Kami, lanjutnya, akan melatih pekerja. "Sehingga mereka memiliki lingkungan kerja yang aman," kata Marquez, didampingi oleh Presiden Andres Manuel Lopez Obrador, gubernur negara bagian dan pejabat lainnya.

Tahap tiga akan dimulai pada 1 Juni, dengan sistem kode yang berwarna yang diberlakukan untuk memantau kesehatan masyarakat berdasarkan wilayah saat pembukaan kembali berlanjut dan tetap memerhatikan jaga jarak sosial juga tindakan lain jika diperlukan.

Sekolah tidak akan sepenuhnya dibuka kembali sampai sistem secara permanen memberi sinyal hijau, kata Menteri Pendidikan Esteban Moctezuma.

Hingga Selasa, Meksiko melaporkan 38.324 kasus infeksi yang dikonfirmasi dan 3.926 kematian sejak kasus pertama terdeteksi pada 28 Februari. (Xinhua/OL-14)

Baca Juga

AFP/GEORGE FREY

Ilmuan: Hydroxychloroquine tidak Menyembuhkan Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 12:15 WIB
"Jika Anda dirawat di rumah sakit, jangan minum hydroxychloroquine," kata Martin Landray, wakil kepala peneliti dan profesor...
AFP/MAURO PIMENTEL

​​​​​​​Setiap Menit Satu Warga Brasil Meninggal karena Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 11:30 WIB
Rekor baru Brasil dalam hal fatalitas harian covid-19 mendorong angka kematian Brasil melewati Italia pada Kamis...
AFP/	OLI SCARFF

Korban Kematian Covid-19 Inggris Melampaui 40.000

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 11:00 WIB
“Pada jam 17.00 pada 4 Juni, dari mereka yang dinyatakan positif virus korona, di semua letak, sebanyak 40.261 telah meninggal dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya