Kamis 14 Mei 2020, 10:54 WIB

Infeksi Covid-19 di Kawasan Kumuh Buenos Aires Meroket

Basuki Eka Purnama | Internasional
Infeksi Covid-19 di Kawasan Kumuh Buenos Aires Meroket

AFP/Ronaldo SCHEMIDT
Ibu dan anak mengenakan masker di dalam toko milik mereka di Villa 31, Buenos Aires, Argentina.

 

SALAH satu kawasan termiskin dan terpadat di Buenos Aires memperlihatkan lonjakan kasus covid-19. Hal itu membuat khawatir pemerintah yang berharap bisa melonggarkan lockdown yang telah berlangsung selama dua bulan di ibu kota Argentina itu.

Jumlah infeksi covid-19 di kawasan kumuh Villa 31, distrik yang terkenal karena aksi kekerasan dan kemiskinannya, meroket dari hanya satu kasus pada akhir April menjadi 511 pada Selasa (12/5).

Yang membuat situasi semakin parah, sebagian besar wilayah itu kini tidak mendapatkan pasokan air selama delapan hari. Warga melihat itu sebagai bukti pembiaran dan diskriminasi yang dilakukan pemerintah.

Baca juga: Wali Kota Perpanjang Lockdown di Washington

"Kami terpuruk karena pasokan air kami diputus. Saya adalah pekerja rumah tangga dan saya kehilangan pekerjaan saya," aku Maria Chaile, 37.

Di Buenos Aires hanya sebagian kecil warga, mayoritas pekerja esensial, yang masih beraktivitas. Namun, di Villa 31, puluhan orang, seperti Chaile, masih beraktivitas layaknya tidak ada pandemi.

Toko, restoran, dan salon tetap buka, jauh berbeda dengan wilayah lain di ibu kota Argentina itu.

Di Villa 31, sejumlah keluarga tinggal di sebuah rumah kecil sehingga social distancing tidak mungkin dilakukan. (AFP/OL-1)

 

Baca Juga

Photo by Handout / PIB / AFP

Trump Undang India Untuk Hadiri KTT G7

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 03 Juni 2020, 06:25 WIB
Akhir pekan lalu, Trump mengatakan bahwa ia menunda penyelenggaraan KTT G7 hingga September yang awalnya dijadwalkan pada akhir Juni. ...
MI/Ramdani

Protein Plasma Darah Covid-19 Bisa Prediksi Kondisi Pasien

👤Antara 🕔Rabu 03 Juni 2020, 06:10 WIB
Tiga protein yang berhasil dipetakan itu terhubung dengan interleukin IL-6, protein penyebab peradangan dan diyakini dapat jadi penanda...
AFP

Autopsi Sebut Floyd Tewas Dibunuh

👤MI 🕔Rabu 03 Juni 2020, 00:55 WIB
DUA dokter yang melakukan autopsi independen atas kematian George Floyd mengatakan pria tersebut meninggal karena sesak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya