Kamis 14 Mei 2020, 09:59 WIB

Doa Bersama Wujud Ikhtiar Hadapi Covid-19

Faustinus Nua | Humaniora
Doa Bersama Wujud Ikhtiar Hadapi Covid-19

Tangkapan layar TVRI
Presiden Joko Widodo ambil bagian dalam Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan

 

KEMENTERIAN Agama dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjadwalkan menggelar Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan pada hari ini, Kamis (14/5). Kegiatan itu digelar bertepatan dengan Hari Doa Sedunia dan akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengumumkan dirirnya akan ambil bagian dalam hari doa internasional dan puasa pada 14 Mei 2020 untuk memohon Tuhan membantu umat manusia mengatasi pandemi covid-19.

Senada dengan hal tersebut, Paus Fransiskus juga mengajak orang-orang beriman dari semua agama untuk bersatu memohon Tuhan membantu umat manusia mengatasi pandemi covid-19.

Baca juga: Menag: Masih Pandemi, Salat Id di Rumah dengan Keluarga Inti

Imam Besar Al Azhar Mesir Sheik Ahmad Al-Tayeb juga menyambut inisiatif ini.

Dia mengundang orang-orang di seluruh dunia untuk berdoa dan melakukan pekerjaan amal demi Allah SWT untuk mengangkat pandemi ini dari seluruh dunia.

Doa kebangsaan dan kemanusiaan dilakukan oleh tokoh agama lintas iman untuk memohon pertolongan Tuhan. Upaya secara proaktif memohon pertolongan kuasa ilahi ikut campur tangan meneguhkan bangsa agar memiliki jiwa ketabahan dan keyakinan virus corana bisa diatasi.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi (BPIP) Antonius Benny Susetyo menjelaskan melalui usaha dalam bentuk doa dan upaya ilmu pengetahuan bangsa ini dapat mengatasi pandemi virus korona.

"Kita yakin doa dan kemampuan ilmu pengetahuan dan kekuatan akal budi diberi Tuhan yang maha pengasih pasti kita menemukan cara mengatasinya. Doa dan ikhtiar dalam penemuan vaksin virus korona serta sarana medis yang lain dalam rangka kita berupaya untuk proaktif agar virus ini bisa diatasi," ujatnya dalam keterangan tertulis, Kamis (14/5).

Benny meminta masyarakat ikut bersama-sama proaktif dalam mengatasi masalah covid-19 ini. Dengan mendukung upaya pemerintah dan berdoa bersama.

"Kita yakin semua kesulitan kita hadapi kita proaktif dan berusaha dengan ilmu pengetahuan pasti Tuhan akan menolong bangsa ini," jelas Benny.

Selain itu, solidaritas kemanusiaan juga harus ditingkatkan demi menolong bangsa ini. Semua kalangan masyarakat harus memiliki semangat gotong-royong dan saling membantu.

"Keyakinan akan kerahiman akan menolong bangsa memiliki semangat bersatu dan bergotong-royong dalam satu bahasa yakni solidaritas kemanusian," tuturnya.

Benny pun menambahkan bahwa doa bersama adalah wujud usaha masyarakat yang proaktif serta yakin pengetahuan dan teknologi akan segera menemukan vaksin covid-19. Doa bersama adalah wujud dari aktualisasi nilai-nilai ketuhanan maha kuasa. Hanya dengan kuasa kita mohon pertolongan-Nya.

"Doa bersama wujud iktiar dan bangsa ini proaktif terus menerus untuk berdoa dan yakin dengan kemampuan ilmu pengetahuan serta teknologi kedokteran kita akan bisa mengatasi bersama," tandasnya. (OL-1)

Baca Juga

Ist

Hikmah Dibalik Covid-19, Indonesia Menuju Digital Society 5.0

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 05 Juni 2020, 20:21 WIB
Kini masyarakat Indonesia tanpa disadari tengah melakukan percepatan transformasi digital untuk memasuki digital society atau masyarakat...
Dok pribadi

Soal Sistem Pendidikan, Putri Zulkifli Hasan Sindir Nadiem

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 05 Juni 2020, 20:17 WIB
"Kita tahu, Mas Menteri Nadiem ini latar belakangnya dari startup Gojek yang sukses se-Indonesia, bahkan merambah ke negara-negara...
123rf.com

Kabupaten Mabar Catat Transmisi Lokal Pertama Covid-19

👤John Lewar 🕔Jumat 05 Juni 2020, 20:10 WIB
PASANGAN suami istri (pasutri) di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) dinyatakan positif mengidap virus korona atau Covid-19. Hal ini menjadi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya