Kamis 14 Mei 2020, 05:30 WIB

Toyota Luncurkan Prius 2020 Edition

NURTJAHYADI | Otomotif
Toyota Luncurkan Prius 2020 Edition

DOK. TAM

KEHADIRAN Toyota Prius menjadi fenomena baru industri otomotif global. Lewatmodel ini juga, teknologi hybrid menyebar ke penjuru dunia yang menjadikan Toyota sebagai pionir teknologi sumber tenaga ganda. Pertama hadir di Jepang pada 1997, Prius kini memiliki populasi hingga lebih dari 6 juta unit di dunia. Model ini mampu menembus pasar Amerika Serikat (AS) pada 2001 dan data2019 menyebutkan ada 1,9 juta unit Prius yang beredar di AS. Untuk merayakan 20 tahun kesuksesan kendaraan favorit aktor dan artis Hollywood papan atas ini, Toyota melansir edisi spesial Prius 2020 Edition sebagai model 2021, dengan produksi terbatas hanya 2.020 unit.

Kendaraan yang dibangun dari basis Prius XLE FWD ini hadir dengan pilihan warna super sonic red atau wind chill pearl, dikombinasi ornamen serbahitam yang menghiasi di beberapa bagian eksteriornya. Nuansa hitam melingkupi velg alloy berukuran 17 inci, lampu utama Bi-LED, emblememblem, dan ornamen plastik eksterior lainnya, termasuk pilar-pilar dan rumah spion samping.

Kesan hitam gelap juga merambah bagian interiornya. Warna hitam terdapat pada gagang persneling, lubang ventilasi heater ventilation air conditioner(HVAC) dan pelapis interior. Di bagian lantai juga terdapat karpet hitam khusus dengan sulaman bertuliskan 'Prius 2020 Edition' yang mempertegas eksklusivitasnya.

Jok hitam dengan jahitan kontras warna biru dilengkapi 8 pengaturan elektrik di bagian pengemudi. Jok berlapis bahan lembut dilengkapi penghangat ini merupakan fitur standar pada Prius 2020 Edition. Fitur lainnya ialah sistem Qi wireless phone charging, audio system dengan layar sentuh 7 inci lengkap dengan Apple Car Play dan Android Auto, Amazon Alexa integration, dan roda kemudi dengan penghangat. Sensor canggih Mobil ini juga sudah disematkan teknologi keselamatan Toyota Safety Sense 2.0 (TSS 2.0), hasil penyempurnaan TSS-P. Fitur yang diusung antara lain Pre-Collision System with Low-Light Pedestrian Detection.

Fitur yang mampu memprediksi potensi tabrakan ini dilengkapi sensor canggih untuk mendeteksi pejalan kaki meski di lingkungan minim cahaya, serta mendeteksi objek lain seperti pesepeda dan hewan liar. Full Speed Adaptive Cruise Control-nya bisa beradaptasi dengan kecepatan kendaraan di depan yang membantu mengemudi lebih santai di jalan bebas hambatan. Adapun fi tur Lane Departure Alerts dapat mengurangi risiko dan bahaya keluar dari jalur saat mengantuk. Automatic high beams dan road sign assist juga menjadi bagian dari TSS 2.0. Termasuk Blind Spot Monitoring with Rear Cross Traffi c Alerts yang membantu pengemudi saat keluar mundur dari sebuah gang.

Toyota Prius 2020 Edition dipersenjatai mesin hybrid bensin Atkinson-cycle 4 silider 1.8 liter dikombinasi dua motor generator. Perpaduan tenaga ini disalurkan ke roda depan melalui transmisi continuously variable transmission (CVT). Meski bukan jenis plug-in hybrid, mesin bensinnya dapat dimatikan saat tidak diperlukan sehingga kendaraan ini dijalankan hanya menggunakan tenaga baterai layaknya mobil listrik murni. Dengan kecanggihan sistem penggeraknya, mobil ini diklaim memiliki tingkat efisiensi sangat tinggi. Toyota mengklaim kendaraan ini mampu berjalan 22,1 km/liter pada kondisi lalu lintas beragam. (S-3)

Baca Juga

AFP/Martin Bureau

Renault Masih Bisa Gabung di Aliansi Baterai Prancis-Jerman

👤Antara 🕔Selasa 26 Mei 2020, 09:30 WIB
"Renault harus membuat komitmen untuk menjadi pemegang saham dalam aliansi baterai mobil listrik. Ini salah satu bagian yang masih...
AFP/Thomas Kienzle

2022, Daimler Produksi Mobil Penumpang Ramah Lingkungan

👤Antara 🕔Selasa 26 Mei 2020, 09:15 WIB
Selain netral karbon, Daimler juga akan menjajaki peluang memproduksi baterai mobil...
Dok NGK

NGK Luncurkan Busi Hemat untuk Mobil Sejuta Umat

👤Nurtjahyadi 🕔Minggu 24 Mei 2020, 06:30 WIB
Mesin-mesin tipe NR digunakan merek Toyota pada Avanza, Rush, Yaris, Vios, Sienta, Agya, dan Calya. Sedangkan Daihatsu disematkan pada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya