Kamis 14 Mei 2020, 05:27 WIB

Wanagama Ditawarkan Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Wanagama Ditawarkan Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

MI/Ardi Teristi Hardi
Direktur Wanagama UGM, Dwiko Budi Permadi, menyampaikan pembagian bantuan sembako kepada warga sekitar Wanagama

 

DEKAN  Fakultas Kehutanan UGM, Dr Budiadi menawarkan Wanagama untuk digunakan sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19. Di hutan pendidikan ini, ada sekitar 35 kamar dan 8 cottage yang bisa difungsikan sebagai ruang isolasi bagi pasien Covid-19.

"Kami secara proaktif sedang mengusulkan wisma Wanagama sebagai tempat atau lokasi isolasi warga Gunungkidul yang terinfeksi Covid-19. Universitas pun mendukung untuk meningkatkan fasilitas disini," kata Budiadi dalam keterangan tertulis, Kamis (13/5).

Camat Playen Kabupaten Gunungkidul, Muh Setyawan Indrianto menyambut tawaran tersebut. Wanagama bisa menjadi alternatif tempat karantina tidak hanya bagi warga Playen, tetapi juga masyarakat Gunungkidul. Pasalnya, selama ini, kebiasaan karantina di rumah itu tidak efektif.

"Wanagama sebagai alternatif tempat karantina jika di rumah sakit tidak lagi memenuhi," jelasnya. 

Jika nantinya Wanagama dijadikan sebagai tempat isolasi mandiri, kebutuhan warga selama menjalani isolasi akan di tanggung oleh Pemkab Gunungkidul. Namun, semua itu akan dikoordinasikan terlebih dulu dengan Pemkab Gunungkidul.

Perwakilan Dinkes Gunungkidul, dr. Diah Prasetyorini mengatakan, tawaran Wanagama menjadi tempat alternatif isolasi mandiri ini menjadi angin segar bagi Pemkab Gunungkidul. Pasalnya, pihaknya saat ini menghadapi kebutuhan ruang isolasi yang semakin meningkat.Di Kabupaten Gunungkidul saat ini terdapat 25 orang positif Covid-19, 78 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 1.085 Orang Dalam Pemantuan (ODP).

baca juga: Warga kembali Tolak Pemakaman PDP Korona

Jika dijadikan tempat isolasi, 1 kamar  standardnya diperuntukukan bagi 1 orang untuk meminimalisir risiko penularan virus. Petugas kesehatan juga  akan disiapkan untuk mendampingi pasien selama menjalani isolasi mandiri. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/Martinus Solo

ODP dan OTG di Kabupaten Raja Ampat Bertambah

👤Martinus Solo 🕔Minggu 31 Mei 2020, 06:25 WIB
Ada 10 ODP baru dan 3 OTG baru dari wilayah Puskesmas Waisai Kabupaten Raja...
DOK MI

Enam Kecamatan di Sukabumi Lanjutkan PSBB Parsial

👤Benny Bastiandy 🕔Minggu 31 Mei 2020, 03:10 WIB
Hasil evaluasi pelaksanaan PSBB parsial tahap kedua yang dilakukan Pemprov Jabar, Kabupaten Sukabumi masih dikategorikan sebagai zona...
DOK MI

Sumba Barat Wilayah Pertama di NTT Terapkan New Normal

👤Palce Amalo 🕔Minggu 31 Mei 2020, 02:55 WIB
Saat ini aktivitas masyarakat di Sumba Barat sudah berjalan seperti biasa, namun ditambah dengan protokol kesehatan yaitu menjaga jarak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya