Kamis 14 Mei 2020, 00:45 WIB

Ferrari Rancang Ventilator Berbiaya Murah untuk Pasien Covid-19

Ghani Nurcahyadi | Internasional
Ferrari Rancang Ventilator Berbiaya Murah untuk Pasien Covid-19

AFP/Handout Ferrari Press Office
Purwarupa ventilator F15 Project

 

JEDA balapan Formula 1 akibat pandemi covid-19 dimanfaatkan tim Ferrari umtuk ikut merancang ventilator bagi pasien covid-19. Ventilator yang dirancang bersama Italian Intitue of Technology itu diberi nama F15 Project.

"Kami memulai proyek ini pada 21 Maret dan sejak 25 April, sudah ada purwarupa yang kami hasilkan," kata Corrado Onorato, Manajer Inivasi Ferrari dikutip dari AFP.

Ventilator itu dirancang untuk memenuhi permintaan tinggi terhadap ventilator di Italia yang jadi salah satu negara terparah. terdampak covis-19 di Eropa.

F15 dirancang sebagai ventilator yang mudah dirakit, mudah digunakam, dan dapat diandalkan. Ventilator itu pun dibuat dengan material yang mudah ditemukan di pasar, sehingga harganya bisa lebih murah dibandingkan ventilator medis saat ini.

Perancangan simulator itu melibatkan sejumlah divisi di Ferrari, yaitu simulator, permodelan 3D, dan desain chassis.

Baca juga : Vaksin Covid-19 Diuji di Kanada

"Proyek ini merupakan sebuah pengalaman baru yamg berharga. Kami siap menerima tantangan yang ditimbulkan oleh covid-19," kata zmattia Binotto, Ketua tim Ferrari.

Direktur Sains Italian Institute of Technologu Georgio Metta mengatakan, dengan bahan yang digunakan, kemungkinan untuk menekan harga ventilator garapan Ferrari sangatlah besar.

Suster di Rumah Sakit Niguarda di Milan menyebutkan, keberadaan ventilator sangat diperlukan karena covid-19 menimbulkan masalah pernapasan serius.

"Kami mempertimbangkan kemampuam sebuah mesin yang efisien dan andal digunakan untuk semua orang. Karena itulah kami mengontak Ferrari," ujarnya.

Upaya Ferrari sebenarnya mirip dengan yang dilakukan tim Mercedes di Inggris,. Kini 2 purwarupa ventilator itu sedang dalam masa pengujian sebelum benar-benar bisa digunakan untuk keperluan medis. (AFP/OL-7)

Baca Juga

AFP

Korsel Batasi Jumlah Siswa Sekolah

👤MI 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 03:10 WIB
KOREA Selatan kemarin membatasi jumlah siswa yang bersekolah di sekitar ibu kota Seoul menyusul munculnya kembali kasus...
AFP

Barat Kecam UU Keamanan Hong Kong

👤MI 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 02:55 WIB
AMERIKA Serikat, Inggris, Australia, dan Kanada kemarin mengecam Undang-Undang Keamanan Nasional Hong Kong yang baru...
AFP

Media Sosial Jadi Sasaran Presiden Trump

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 02:35 WIB
PRESIDEN Amerika Serikat, Donald Trump, akhirnya menandatangani perintah eksekutif yang bertujuan untuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya