Kamis 14 Mei 2020, 03:00 WIB

Michelle Obama Ingatkan Peran Anak Muda di Masa Pandemi

Abdillah Marzuqi | Humaniora
Michelle Obama Ingatkan Peran Anak Muda di Masa Pandemi

Martin Sylvest / Ritzau Scanpix / AFP
Michelle Obama

 

MESKI sudah purnatugas sebagai ibu negara sejak 2017, Michelle Obama memang terus berkiprah di berbagai isu nasional, khususnya yang berkaitan dengan anak dan perempuan. Istri Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama itu setidaknya telah memiliki empat gerakan yang bertujuan meningkatkan akses pendidikan dan kesehatan anak, yakni Let’s Move!, Reach Higher, Let Girls Learn, dan Joining Forces.

Di masa pandemi ini, Michelle juga melibatkan diri di kegiatan diskusi publik daring bertajuk Chicago Public Schools Student (CPS) Civics Town Hall. Di akun Instagram-nya, @michelleobama, kemarin, ibu dua anak itu mengunggah cuplikan pembicaraannya di diskusi itu. Barack Obama pun ikut tampil bersamanya.

Di situ Michelle mengingatkan akan peran besar anak muda untuk masa depan AS. “Kami membutuhkan orang-orang muda seperti Anda semua demi memahami kekuatan dan peran yang Anda miliki dalam melanjutkan untuk memajukan negara. Bukan untuk kami, melainkan untuk Anda. Kami mengandalkan Anda semua guna membawa kami ke halaman selanjutnya untuk perjalanan ini,” tegas perempuan berusia 56 tahun yang juga alumnus Chicago Public School ini.

Dalam diskusi itu Michelle dan Barack juga menjawab pertanyaan dari para siswa. Saat mendapat pertanyaan soal pelajaran apa yang bisa dipetik dari pandemi saat ini, Michelle pun mengingatkan akan pentingnya peran aktif semua anggota komunitas, termasuk anak muda.

Perempuan lulusan Princeton University dan Harvard Law School ini mengungkapkan bahwa selama ini arus informasi lebih menyorot peran para tenaga medis yang berada di garis depan perang melawan covid-19. Ia mengakui peran para dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya memang sangat dibutuhkan dan harus diapresiasi tinggi.

“Namun, selalu ada peran utama dan pendukung. Keduanya sama penting. Jika tidak berperan di garis depan, setiap orang masih bisa melakukan peran lain. Misalnya orang-orang mengirimkan makanan kepada orang-orang yang tidak bisa keluar,” ujar perempuan yang beberapa kali digadang-gadang sebagai calon presiden oleh sejumlah pihak itu.

Ibu dari Malia, 21, dan Sasha, 18, ini menuturkan bahwa anak muda berperan sangat penting dalam menjaga ketahanan mental komunitas maupun keluarganya. Caranya pun bisa sederhana, misalnya dengan menanyakan kabar. “Maksud saya hal-hal sederhana seperti memastikan kondisi orang yang Anda kasihi,” lanjutnya.

Ia juga mengingatkan anak muda agar menjaga komunikasi lisan, tidak sekadar mengirim pesan tulisan sebagaimana kebiasaan anak muda sekarang ini. “Angkat telepon, jangan hanya teks. Pastikan orang-orang yang Anda cintai mendengar suara Anda,” ucapnya.

Komunikasi lisan akan menciptakan kehangatan ketimbang lewat teks. Dengan berbicara langsung pula, emosi positif akan lebih terjalin sehingga dapat sa­ling menguatkan semangat.  

Rayakan kelulusan

Pada 16 Mei nanti, pasangan Obama juga akan tampil di televisi dalam a­cara perayaan virtual bertajuk Graduate Together untuk kelulusan pelajar SMA AS. Selanjutnya pada Juni, Michelle akan menggelar acara perayaan virtual lainnya yang melibatkan selebritas top seperti Lady Gaga hingga BTS.

Dua acara itu dimotori Michelle dan Barack demi tetap memompa semangat angkatan 2020 meski tidak bisa merayakan kelulusan seperti umumnya. Sama juga seperti di Indonesia, para pelajar yang lulus tahun ini hanya menerima berita kelulusan melalui surat elektronik. (M-1)

Baca Juga

MI/Permana

PGRI : Pemerintah Perlu Susun Kurikulum Era Pandemi untuk Sekolah

👤Antara 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 22:35 WIB
Dia menambahkan kurikulum sekarang yang padat konten, sulit mendorong anak untuk belajar secara mandiri di...
Dok. JCUIM

Yayasan Jokowi Center Berdonasi ke Warga Terdampak Covid-19

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 22:30 WIB
Adapun mekanisme pembagiannya melalui pendataan mandiri yang dibagikan langsung para Relawan Jokowi Center Peduli (JCP) di masing masing...
AFP

Mantan Rektor Yakin Virgin Coconut Oil Bisa Matikan Covid-19

👤Henri Siagian 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 21:53 WIB
Terkait manfaat VCO, guru besar Fakultas Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi (MIPA) Untan itu mengklaim sudah digunakan dalam pengobatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya