Kamis 14 Mei 2020, 08:00 WIB

Menkeu : Putusan Pelonggaran PSBB Berdasarkan Data

Hilda Julaika | Ekonomi
Menkeu : Putusan Pelonggaran PSBB Berdasarkan Data

Antara/Aditya Pradana
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kanan)

 


MENTERI Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani angkat bicara soal potensi pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).  

Sri Mulyani memastikan pelonggaran PSBB ini didasarkan pada data. Jika terjadi penurunan penyebaran covid-19, ada kemungkinan pelonggaran PSBB dilakukan. Ia juga memastikan pemerintah tidak akan mengeluarkan kebijakan yang membahayakan masyarakat.

“Sekarang ini Presiden Jokowi dan kabinet terus setiap hari dan melakukan sidang kabinet tiap pekan untuk melihat data mengenai masalah penyebaran virus ini,” ujar Sri Mulyani saat mengisi acara Indonesia Moving Forward “Macro Outlook dan Peluang Kebangkitan Ekonomi Pacapandemi Covid-19, Rabu (13/5).

Data yang diamati berupa provinsi mana saja yang melakukan PSBB. Lalu apabila menerapkan PSBB apakah berdampak pada penurunan penyebaran virus covid-19. Termasuk mendengarkan daerah lainnya yang tidak menerapkan PSBB. Namun, menerapkan mekanisme adat atau kearifan lokal, seperti Bali melalui Desa Adat.

“Jadi Indonesia ini dilihat situasinya yang PSBB dan juga melakukan kearifan lokal. Kita melihat situasi ini dengan tetap berfokus dengan mengutamakan keselamatan masyarakat. Nanti Bapak Presiden akan menentukan itu basisnya data,” jelasnya.

Apabila data melalui kurva tersebut sudah terkonfirmasi,didukung serta masyarakat yang telah melakukan social distancing secara disiplin maka mulai dipertimbangkan pelonggaran PSBB. Termasuk untuk pembukaan aktivitas ekonomi bisa dimulai kembali. (E-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

PT SMI Suntik Rp1,857 Triliun ke 8 Daerah

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 27 November 2020, 04:30 WIB
Pemerintah daerah di Pulau Jawa masih mendominasi pinjaman dengan porsi 64%, Sulawesi 23%, Sumatra 10%, Maluku dan Papua 2%, serta Bali dan...
DOK BTN

BTN Siap Garap Kawasan Industri

👤Try/E-1 🕔Jumat 27 November 2020, 04:20 WIB
Direktur Consumer and Commercial Lending BTN Hirwandi Gafar mengatakan kawasan industri menjadi salah satu tumpuan pemerintah untuk...
Nhac NGUYEN / AFP

Siapkan Strategi Jalankan RCEP

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 27 November 2020, 04:10 WIB
Potensi peningkatan defisit membayangi perekonomian Indonesia selama impor masih deras mengalir...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya