Kamis 14 Mei 2020, 01:35 WIB

Diundang Ikut Workshop dan Festival di Luar Negeri

MI | Humaniora
Diundang Ikut Workshop dan Festival di Luar Negeri

Dok. Pribadi

 

BERKAT ketekunannya menekuni wayang dan mengedukasi masyarakat lewat medium kesenian, Toni kini kerap diundang untuk mengisi
berbagai festival di luar negeri.

Dia antara lain pernah mengikuti Yunlin International Puppet Art Festival di Taiwan serta worskhop di Jepang dan Filipina. “Kalau di Taiwan itu kan ada festival wayang tahun 2017. Kami pada waktu itu membawakan cerita edukasi tentang sampah plastik kepada anak-anak Taiwan. Saat itu kami mendalangnya pakai bahasa Inggris, terus ada translatornya pakai bahasa Mandarin,” ujar pria berjenggot lebat ini.

Di luar negeri Toni dengan wayang sampahnya cukup banyak terlibat dalam berbagai agenda sosialisasi mengenai isu-isu lingkungan hidup. Salah satu cerita andalan yang sering dibawakan Komunitas Wangsa (Wayang Sampah) dalam beberapa kali kesempatan pentas berjudul Opera si Plastik. Menurut Toni, kisah ini merupakan salah satu yang paling diminati penonton Wangsa karena secara gamblang memblejeti (mengupas) siklus perjalanan ‘hidup’ plastik yang akhirnya menyebabkan permasalahan lingkungan.

“Lakon ini bercerita tentang plastik, dari pertama dibuat hingga akhirnya menjadi masalah lingkungan. Pokoknya inti ceritanya tentang plastik, diperankan oleh Mbah Wangsa. Dia kan orang tua yang memberikan nasihat-nasihat kepada tokoh yang lain,” ujarnya.

Di rumah tinggal yang ia jadikan sebagai basecamp untuk komunitas wayangnya ini, setiap hari berkumpul anak-anak muda dari beragam latar belakang. Mereka melakukan aktivitas rutin berlatih musik dan mendalang untuk keperluan pementasan Wangsa.

Kadang di situ mereka berbagi ide tentang lakon yang akan dipentaskan. Komunitas yang dibentuk Toni ini memikat dua pemuda asal Spanyol dan Hongaria. Mereka mengaku tertarik dengan kampanye yang diusung komunitas ini dan sekarang tengah ikut magang.

“Komunitas ini terbuka. Siapa saja boleh bergabung karena tujuannya mengampanyekan tentang masalah lingkungan,” ujar Toni. (Bus/M-4)

Baca Juga

MI/Ramdani

Kemenkes Ingatkan Tata Cara Kerja saat Kenormalan Baru

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 09:15 WIB
Selama massa kenormalan baru, masyarakat tetap harus memastikan untuk tidak berkerumun dan menjaga jarak saat...
ANTARA/Irwansyah Putra

Sistem Kerja dengan Kondisi Normal Baru bagi ASN Diterapkan 5 Jun

👤 Indriyani Astuti 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 07:44 WIB
"Tugas dan fungsi ASN dalam tatanan normal baru dilakukan dengan tetap memprioritaskan aspek kesehatan dan keselamatan dengan...
covid19.go.id/Riset MI-NRC

Pola Hidup Baru Turunkan Penularan Covid-19

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:47 WIB
Data terbaru pasien sembuh dari covid- 19 bertambah lagi 252 orang sehingga total pasien sembuh menjadi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya