Rabu 13 Mei 2020, 20:52 WIB

MUI Bolehkan Salat Id di Masjid dan Lapangan. Ini Panduannya

Ant | Humaniora
MUI Bolehkan Salat Id di Masjid dan Lapangan. Ini Panduannya

Antara
Petugas mengambil sampel darah jemaah di kawasan Masjid Besar Nurul Huda, Waru, Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (8/5).

 

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa tentang panduan takbir dan salat Idulfitri saat pandemi virus korona atua covid-19.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh di Jakarta, Rabu (13/5), mengatakan Fatwa Majelis Ulama Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan salat Idulfitri saat pandemi agar dapat dijadikan pedoman ibadah umat Islam.

Niam mengatakan, fatwa itu memiliki pertimbangan salat Idulfitri merupakan ibadah yang menjadi salah satu syiar Islam dan simbol kemenangan dari menahan nafsu selama Ramadan.

"Wabah covid-19 masih menjadi pandemi nasional yang belum sepenuhnya diangkat oleh Allah SWT," kata dia.

Baca juga: MUI Pertanyakan Rencana Pelonggaran PSBB

Dia mengatakan salat Idulfitri dapat diselenggarakan secara berjemaah di tanah lapang, masjid, musala atau tempat lain selama angka penularan covid-19 menurun dan ada kebijakan pelonggaran aktivitas sosial berdasarkan pertimbangan ahli yang kredibel dan amanah.

"Jika umat Islam berada di kawasan terkendali atau kawasan yang bebas covid-19 dan diyakini tidak terdapat penularan (seperti di kawasan pedesaan atau perumahan terbatas yang homogen, tidak ada yang terkena covid-19 dan tidak ada keluar masuk orang), salat Idulfitri dapat dilaksanakan dengan cara berjemaah," katanya.

Baca juga: Pelonggaran PSBB Direspons Negatif, IHSG Ditutup Melemah

Sementara salat Idulfitri boleh dilaksanakan di rumah, kata dia, dengan berjemaah bersama anggota keluarga atau secara sendiri terutama jika berada di kawasan penyebaran covid-19 yang belum terkendali.

"Pelaksanaan salat Idulfitri, baik di masjid maupun di rumah harus tetap melaksanakan protokol kesehatan dan mencegah terjadinya potensi penularan. Fatwa agar dapat dijadikan pedoman pelaksanaan ibadah Idulfitri dalam rangka mewujudkan ketaatan pada Allah sekaligus menjaga kesehatan dan berkontribusi dalam memutus mata rantai penularan covid-19," katanya. (X-15)

 

Baca Juga

Ilustrasi

Pasien Covid-19 Sembuh di Indonesia Cenderung Meningkat

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 05 Juni 2020, 21:50 WIB
Pasien sembuh dari covid-19 cenderung semakin mengalami peningkatan, hari ini tercatat, ada penambahan 551 orang, sehingga totalnya menjadi...
Mi/Ramdani

Pandemi Covid-19 Jadi Pelajaran untuk Jaga Keseimbangan Alam

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 05 Juni 2020, 21:02 WIB
"Kansentrasi N02 secara global menurun hamplr 30%, stasiun pemantauan kualitas udara KLHK mencatat penurunan konsentrasi PM 2,5 yang...
Antara

LSI Paparkan 6 Rekomendasi Menuju New Normal

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 05 Juni 2020, 20:25 WIB
Pertama, meskipun PSBB dilonggarkan tetapi lokus atau wilayah dipersempit. Semula PSBB yang diterapkan di seluruh daerah diturunkan hingga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya