Rabu 13 Mei 2020, 17:08 WIB

Ditanya Soal Tingginya Harga Gula, Ini Jawaban Menko Perekonomian

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Ditanya Soal Tingginya Harga Gula, Ini Jawaban Menko Perekonomian

ANTARA
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

 

HARGA gula pasir masih bertahan tinggi karena ketersediaan bahan pangan tersebut terbatas di dalam negeri. Di sisi lain, proses impor dari luar negeri tersendat. Demikian diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai mengikuti rapat terbatas, Rabu (13/5).

Ia mengatakan perusahaan-perusahaan penyedia gula yang berasal dari India dan Thailand harus menunda jadwal pengiriman karena sedang menerapkan pembatasan aktivitas akibat pandemi covid-19.

Baca juga: Belum Ada Perusahaan yang Tak Sanggup Bayar THR

"Harga gula memang masih tinggi karena ada beberapa impor yang jadwalnya tertunda. Di negara lain ada pembatasan akibat lockdown," ujar Airlangga.

Sebagai solusi sementara untuk memenuhi stok di lapangan, pemerintah telah mengalihkan ketersediaan gula rafinasi untuk industri untuk diolah menjadi gula pasir. "Diharapkan dengan pengalihan ini, harga bisa ditekan ke bawah," tuturnya.

Baca juga: Sudah Tiga Kali Rapat, Harga Gula dan Bawang tidak Kunjung Turun

Adapun, untuk bawang merah, pemerintah mengatakan stok komoditas tersebut sekarang dalam kondisi aman.

Gejolak harga yang terjadi saat ini diakibatkan oleh proses distribusi yang terhambat.

"Ada daerah yang berproduksi besar. Kita ketahui harga bawang merah di Jawa rata-rata Rp45 ribu, tetapi di Jayapura, Banda Aceh sampai Rp60 ribu. Jadi ini masalah distribusi yang akan ditangani," tuturnya.

Menteri Perranian Syahrul Yasin Limpo mengatakan saat ini stok bawang merah secara nasional tercatat 78.700 ton dan harus didistribusikan ke seluruh Tanah Air.

"Kita persiapkan daerah mana yang harus didistribusi terlebih dulu. Tadi ada penegasan dari Presiden bahwa kami bisa gunakan fasilitas TNI untuk menerebos ini karena ini adalah masalah yang tidak normal," tandasnya. (OL-6)
 

Baca Juga

Antara

Kemendesa PDTT Terima 500 Aduan Terkait BLT Dana Desa

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 03 Juni 2020, 21:26 WIB
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi telah menerima 500 aduan terkait Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa...
MI/SUSANTO

Terdampak Covid-19, Pendapatan Perusahaan PR Anjlok Hingga 50%

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 03 Juni 2020, 21:14 WIB
Wabah covid-19 yang tengah melanda Indonesia beberapa bulan terakhir  telah memukul perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi dan...
MI/Heri Susetyo

Perubahan Pelunasan Utang Sukuk Garuda Diumumkan 10 Juni

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 03 Juni 2020, 20:58 WIB
Vice President Corporate Secretary PT Garuda Indonesia Mitra Piranti mengungkapkan bahwa persetujuan perubahan kesepakatan utang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya