Rabu 13 Mei 2020, 16:38 WIB

Pemerintah Upayakan Hak ABK WNI di Kapal Tiongkok

Nur Aivanni | Internasional
Pemerintah Upayakan Hak ABK WNI di Kapal Tiongkok

Antara/Hasnugara
Sejumlah ABK WNI yang bekerja di kapal Tiongkok tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

 

KEMENTERIAN Luar Negeri (Kemlu) menekankan pemerintah terus berupaya mempercepat proses pemenuhan hak anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI), yang bekerja di kapal berbendera Tiongkok.

Sebagian hak para ABK sudah diberikan. "Terkait hak-hak (ABK), sudah ada beberapa yang diberikan santunan. Tapi untuk gaji dan asuransi masih terus diupayakan," jelas Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu, Judha Nugraha, dalam press briefing virtual, Rabu (13/5).

Baca juga: Kemlu: Tiongkok Siap Investigasi Kasus ABK WNI

Untuk pemenuhan sejumlah hak ABK melibatkan beberapa pihak, yaitu principal atau operator kapal (Dalian Fishing Company), agency di Tiongkok dan manning agency yang berada di Indonesia.

"Kemlu bekerja sama dengan kementerian/lembaga yang ada di Indonesia. Saat ini sedang berupaya mempercepat proses penyelesaian tersebut. Sehingga keseluruhan hak-hak para pekerja bisa terpenuhi," kata Judha.

Sebelumnya, Kemlu menyampaikan tiga poin kepada Dubes Tiongkok di Indonesia. Salah satunya, meminta pemerintah Tiongkok untuk memastikan pemenuhan tanggung jawab perusahaan Tiongkok atas hak ABK asal Indonesia. Termasuk, pembayaran gaji yang belum dituntaskan.(OL-11)

 

 

 

Baca Juga

AFP/Aris Oikonomou

Akibat Pandemi, KTT Uni Eropa-Tiongkok Ditunda

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 04 Juni 2020, 15:30 WIB
Jerman dijadwalkan menjadi tuan rumah KTT Uni Eropa-Tiongkok pada September mendatang. Namun, pandemi covid-19 membuat perhelatan KTT...
Ilustrasi

Mantan Presiden Ekuador Ditahan dalam Penyelidikan Korupsi

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 04 Juni 2020, 15:22 WIB
Mantan Presiden Ekuador Abdala Bucaram ditahan, Rabu (3/6), setelah pihak berwenang menggerebek rumahnya sebagai bagian dari penyelidikan...
AFP/Jason Connolly

Pengadilan Dakwa Empat Polisi terkait Pembunuhan Floyd

👤Nur Aivanni 🕔Kamis 04 Juni 2020, 13:42 WIB
Pengadilan meningkatkan dakwaan terhadap Derek Chauvin menjadi pembunuhan tingkat dua karena tidak melibatkan persiapan terlebih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya