Rabu 13 Mei 2020, 13:41 WIB

Kerja Petani dan Penyuluh Bawa Kabupaten Bone Surplus Beras

mediaindonesia.com | Ekonomi
Kerja Petani dan Penyuluh Bawa Kabupaten Bone Surplus Beras

Ist/Kementan
Panen raya padi di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

 

KERJA keras dan keseriusan petani dan penyuluh telah berbuah manis bagi Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kabupaten Bone menjadi surplus beras saat pandemi Covid-19. Hal ini diketahui dalam panen raya yang dilakukan di Desa Samaelo, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone, Selasa (12/5).

Panen raya dihadiri langsung Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, bersama Forkopimda Kabupaten Bone. Setelah melakukan panen, Bupati Bone melaksanakan video conference dengan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Kegiatan panen raya di Kabupaten Bone ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Menteri yang akrab disapa SYL itu menegaskan dalam kondisi apapun petani dan penyuluh harus terus bergerak, termasuk saat pandemi Covid-19. Petani dan penyuluh harus mendukung ketersediaan pangan bagi 267 juta rakyat Indonesia.

“Kita takut korona, tetapi don’t stop, maju terus, pangan harus tersedia dan rakyat tidak boleh bermasalah dengan pangan. Setelah panen segera lakukan percepatan tanam, tidak ada lahan yang menganggur selama sebulan,” tegas SYL.

Hal senada disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan), Dedi Nursyamsi. Dedi meminta kepada para Penyuluh Pertanian untuk tetap bekerja mendampingi para petani. 

“Penyuluh Pertanian harus aktif dan produktif mendampingi petani agar proses budidaya di lahan sampai masa panen berjalan dengan baik. Jangan sampai ada komoditas pangan yang tertahan. Penyuluh harus memastikan petani tetap menanam, seandainya besok kiamat, maka hari ini harus tetap menanam,” jelas Dedi.

Sementara Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi mengucapkan rasa syukurnya karena di tengah pandemi virus korona (Covid-19), petani di Bone tetap bersemangat bekerja memanen padi musim tanam Oktober-Maret.

Bupati Bone juga melaporkan terkait kesiapan pangan Kabupaten Bone di tengah pandemi Covid-19.

Andi Fahsar menyampaikan, produksi pertanian Kabupaten Bone sangat menggembirakan. Sebab, Kabupaten Bone selalu surplus.

"Produksi rata-rata yang dihasilkan sangat menggembirakan. Hal ini berdasarkan hasil ubinan yang dilakukan oleh penyuluh pertanian diperoleh provitas provitas 8.5 ton/ha, dan untuk produksi padi 2019 hingga April 2020 mencapai 1.543.684 ton," jelas Fahsar.

"Kami melaporkan, di Bone baru saja melaksanakan panen raya sebelum virus korona. Kurang lebih 100 hektare,” jelas Fahsar.

Sementara itu, Kadis Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, Sunardi Nurdin berujar, ada penambahan luas lahan sawah.

Diketahui, lahan sawah petani di Kabupaten Bone terdiri atas sawah irigasi seluas 42.000 hektare, tadah hujan 70.159 hektare, rawa pasang surut 5.479 hektare, dan rawa lebak seluas 924 hektare. Untuk produksi padi 2019 hingga April 2020 mencapai 1.543.684 ton.

“Saat ini kondisi di Kabupaten Bone Tiada hari tanpa panen dan tanam," ujar Sunardi.(OL-09)

Baca Juga

Antara

PNS Kemenko Perekonomian Work From Office Mulai 27 Mei

👤Rudy Polycarpus 🕔Selasa 26 Mei 2020, 00:51 WIB
"Pada Kamis besok, 27 Mei, Kemenko Perekonomian berencana akan mengambil inisiatif untuk work from office secara terbatas. Dan,...
Antara/M Risyal Hidayat

Dibuka Besok, IHSG Diprediksi Melemah

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 25 Mei 2020, 18:08 WIB
Analis menilai pergerakan IHSG berpotensi rebound pada akhir pekan. Namun, sentimen dari pasar keuangan global patut...
MI/Vicky Gustiawan

Produksi Pertanian dan Sayuran Meningkat, Ekspor Tumbuh Positif

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Mei 2020, 17:28 WIB
Pihaknya, berharap momen pandemi ini menjadi momentum untuk makin cinta produk petani...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya