Rabu 13 Mei 2020, 13:35 WIB

Wapres tak Setuju Usulan Salat Ied di Masjid dan Lapangan

Emir Chairullah | Politik dan Hukum
Wapres tak Setuju Usulan Salat Ied di Masjid dan Lapangan

DOK MI/ROMMY PUJIANTO
Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

 

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin menegaskan dirinya tidak setuju dengan usulan Kementerian Agama untuk memperbolehkan salat iedul fitri di masjid maupun lapangan. Menurut Wapres, kegiatan ibadah yang mengumpulkan banyak orang harus dilarang selama pandemi Covid-19 belum mereda.

“Prinsip dari Wapres tentang salat ied di masa pandemi sudah dikemukakan pada ratas kabinet selasa 12 Mei kemarin. Larangan salat ied berjemaah, baik di masjid atau lapangan tetap dilarang sepanjang bahaya pandemi Covid-19 belum mereda,” kata Juru Bicara Wapres Masduki Baidowi ketika dihubungi, Rabu (13/5).

Baca juga: Polisi Berikan Bansos kepada Napi Asimilasi

Beberapa waktu lalu, Menteri Agama Fachrul Razi sempat melontarkan wacana pelonggaran pembatasan rumah ibadah. Hal senada dikatakan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid yang menyebutkan masyarakat di zona hijau boleh salat berjemaah seperti biasa.

Lebih lanjut, Wapres menyebutkan, berdasarkan fakta di lapangan, wabah Covid-19 sampai saat ini belum mereda. “Bahkan muncul klaster baru di berbagai daerah seperti yang dilaporkan oleh para gubernur dalam ratas,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Wapres menekankan dua hal penting dalam penanganan wabah Covid-19 ini. Pertama, terus maksimalkan pelaksanaan PCR test untuk mencapai target nasional 10 ribu/hari. 

”Sampai saat ini target 10 ribu/hari itu belum tercapai karena berbagai kendala. Maka, kendala-kendala itu mesti segera diatasi dengan cara yang kompak, bergotong-royong dari berbagai lini/sektor pemerintahan, swasta serta inisiatif yang bagus dari masyarakat,” ujar Wapres.

Baca juga: Wacana Pemerintah Longgarkan PSBB Dinilai Tidak Tepat

Kemudian, Wapres juga meminta masyarakat meningkatkan kedisiplinan dalam melaksanakan physical distancing di berbagai lini. Berhasil tidaknya bangsa ini mengatasi Covid-19 ini sangat tergantung pada kedisiplinan masyarakat dalam melaksanakan kebijakan mengatasi Covid-19 ini. 

“Termasuk dalam pelaksanaan ibadah seperti salat berjamaah harus tetap dilaksanakan di rumah,” pungkasnya. (OL-6)
 

Baca Juga

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Ditangkapnya Edhy Prabowo akan Pengaruhi Elektabilitas Gerindra

👤Cindy Ang 🕔Kamis 26 November 2020, 08:03 WIB
"Alasannya, sederhana saja, Edhy Prabowo merupakan anak emasnya Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto....
Dok MI ROMMY PUJIANTO

Politisi NasDem Tuding Rocky Gerung Fitnah Gerindra

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 November 2020, 06:54 WIB
Rocky menyebut Gerindra akan membalas dendam setelah Edhy Prabowo ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka oleh...
MI/ANDRI WIDIYANTO

KPK Dalami Dugaan Aliran Dana ke Pihak Lain di Kasus Edhy Prabowo

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 November 2020, 06:27 WIB
"Tidak tertutup kemungkinan pengembangan selanjutnya pada tahapan selanjutnya bisa saja ada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya