Rabu 13 Mei 2020, 10:46 WIB

Timor Tengah Selatan Siapkan Pangan Lokal Tangkal Covid-19

Palce Amalo | Nusantara
Timor Tengah Selatan Siapkan Pangan Lokal Tangkal Covid-19

DOK Kementan RI
Petani dari Klompok Tani Bersaudara, panen jagung di lahan seluas 10 hektare di Desa Tuafanu, Kecamatan Kualin, Timor Tengah Selatan

 

KEKERINGAN tak menghalangi tekad kelompok tani (Poktan) Bersaudara panen jagung seluas 10 hektare,bagian program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS), seluas 193 hektare pada enam desa di Kecamatan Kualin, Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT). Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kualin, Yoakim Pau mengatakan Program TPJS digagas Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat.

Tujuannya, sebagian hasil panen jagung untuk membeli sapi dan sisanya untuk persediaan pangan. Sapi selain menghasilkan daging, kotorannya  dijadikan biogas, kompos dan bokasi untuk kesuburan tanah, maka petani pun mendapat bantuan benih lamtoro.

Selama enam bulan tanam jagung, pengawalan selain oleh penyuluh, Gubernur NTT menginstruksikan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), dinas pertanian provinsi dan kabupaten wajib mengawal. Realisasinya, pekan lalu pemerintah provinsi membeli 100 ton jagung hasil panen seharga Rp3.200 per kilogram (kg).

Varietas jagung yang ditanam adalah Lamuru, jagung komposit yang cocok di lahan kering. Setelah ditanam seluas 193 hektare pada November 2019 kemudian pada Januari 2020 sudah bisa dipanen untuk konsumsi.

"Teknologi pemupukan sesuai kebutuhan meliputi urea 150 kg per hektare dan SP36 sebanyak 100 kg per hektare. Pembersihan rumput dengan antradek dan manual saat penimbunan. Jarak tanam 40x80 cm," kata Yononci Seo, Ketua Poktan Bersaudara di Desa Tuafanu, Kecamatan Kualin, Selasa (12/5).

Yononci Seo mengakui tidak memimpin poktan yang sebagian besar berusia lanjut. Namun seruan Gubernur Victor B Laiskodat agar petani tetap bekerja di lapangan untuk menangkal virus korona sekaligus mendukung ketersediaan pangan lokal maka anggota Poktan Bersaudara jadi lebih giat bekerja. 

"Anggota Poktan yang sebagian oma dan opa ternyata rajin membersihkan rumput dan membubun, itu semua berkat dorongan para penyuluh," katanya.

Menurutnya, Gubernur NTT Laiskodat mengingatkan kalau petani tetap tinggal di rumah selama pandemi covid-19 malah muncul masalah baru, kekurangan pangan sementara tubuh juga butuh sinar ultraviolet dari matahari untuk menangkal virus korona.

Penyuluh pertanian pusat di Kementerian Pertanian RI, Yulia Tri Sedyowati, selaku pendamping kegiatan penyuluhan pertanian NTT menyatakan sinergi dan koordinasi petani dengan penyuluh. Hal ini sejalan dengan instruksi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kepada petani dan penyuluh tetap bekerja di lapangan untuk memenuhi ketersediaan pangan.

baca juga: Pemkab Malang Pastikan Stok Pupuk Tanam Awal Kemarau

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
Pertanian (BPPSDMP) Kementan Prof Dedi Nursyamsi berulangkali mengingatkan petani dan penyuluh mematuhi Protokol Kesehatan untuk menangkal pandemi Covid-19. Kenakan masker, jaga jarak, hindari kerumunan dan sering cuci tangan pakai sabun untuk menangkal korona.

Kepala Pusluhtan BPPSDMP Leli Nuryati mengapresiasi dukungan penyuluh pertanian yang setia mendampingi petani di lapangan. 

"Pangan berperan penting untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia sekaligus menjaga stabilitas nasional di tengah krisis covid-19," ujaranya. (OL-3)
 

Baca Juga

Dok. Kemenko PMK

Muhadjir Puji Persiapan New Normal di KTM Kota Malang

👤Syarief Oebadiillah 🕔Rabu 03 Juni 2020, 23:49 WIB
Semangat gotong-royong yang ditunjukkan warga KTM Kelurahan tersebut telah mencerminkan upaya dalam menjalankan gerakan nasional revolusi...
MI/Tosiana

70 Taruna Akmil Ikuti Seleksi Penerbad

👤Tosiana 🕔Rabu 03 Juni 2020, 21:47 WIB
Sebanyak 70 orang taruna tingkat 1 Akademi Militer (Akmil) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah mengikuti seleksi untuk menjadi calon anggota...
Antara

New Normal, Pelindo 1 Kedepankan Layanan Berbasis Digital

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 03 Juni 2020, 21:41 WIB
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1, akan mengedepankan sistem layanan berbasis digital dalam implementasi skenario New...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya