Rabu 13 Mei 2020, 10:45 WIB

Ribuan Warga Kota Yogyakarta Terima BST Bersumber dari APBD

Ardi Teristi | Nusantara
Ribuan Warga Kota Yogyakarta Terima BST Bersumber dari APBD

Antara/Prasetia Fauzani
Petugas memotret warga penerima bantuan sebaga tanda bukti pencairan Bantuan Sosial Tunai di Kantor Pos Besar, Kota Kediri

 

Pemerintah Kota Yogyakarta mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang bersumber dari APBD Kota Yogyakarta pada Selasa (13/5).

Ada sekitar 14.300 penerima BST. Mereka terdiri dari 8.600 Kepala Keluarga (KK) warga miskin dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Sisanya, yaitu 4.500 KK warga miskin dari program Keluarga Sasaran Jaminan Perlindungan Sosial (KSJPS).

"Bantuan ini diharapkan bisa menghidupkan roda ekonomi di lingkungan sekitar mereka,"  ucap Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Selasa (13/5).

Dengan bantuan tersebut, warga dapat membelanjakannya di lingkungan sekitar, sehingga kebutuhan warga terpenuhi dan perekonomian tetap bergerak.

"Kami bekerja sama dengan Kantor Pos untuk menyalurkan langsung kepada warga pekan ini," jelas Heroe.

Baca juga: Pemkab Malang Pastikan Stok Pupuk Tanam Awal Kemarau

Bantuan tersebut diberikan dalam sepaket dengan nilai Rp1,8 juta untuk tiga bulan, yakni April, Mei, dan Juni.

Heroe berpesan uangnya dapat dibelanjakan sesuai kebutuhan prioritas untuk mencukupi kebutuhan hingga Juni mendatang. "Jangan sampai uangnya sudah habis duluan sebelum Juni," tuturnya.

Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta Agus Sudrajat menjelaskan dari 14.300 KK tersebut, ada 4.500 yang sudah terdaftar di KSJPS, tapi belum mendapatkan bantuan dari program apapun.

Pihaknya menegaskan bantuan disalurkan melalui data yang sebelumnya sudah dilakukan verifikasi, sehingga diharapkan tidak ada penerima bantuan ganda. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Lima Hari Terakhir, Bantul Nihil Kasus Baru Korona

👤Ant 🕔Selasa 26 Mei 2020, 02:25 WIB
total kasus positif di Bantul berjumlah 56 orang, tidak ada perubahan data dibandingkan kasus positif yang tercatat pada 21, 22, 23, 24 Mei...
MI/Hijrah Ibrahim

Walikota Tidore Dirujuk ke RS Rujukan Covid-19 di Ternate

👤Hijarh Ibrahim Jakaria 🕔Senin 25 Mei 2020, 22:33 WIB
Dari pantauan Media Indonesia di Pelabuhan Resident Ternate, Walikota Tidore dirujuk menggnakan speed boat dengan dikawal sejumlah Tenaga...
Antara

Polisi Tak Bermasker Murka Saat Ditegur Petugas

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Mei 2020, 20:50 WIB
Anggota Satlantas Polrestabes Bandung sudah diperiksa dan akan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya