Rabu 13 Mei 2020, 10:06 WIB

Sebelum Lebaran, Masyarakat harus Dapat Dua Kali Bantuan Tunai

Andhika Prasetyo | Humaniora
Sebelum Lebaran, Masyarakat harus Dapat Dua Kali Bantuan Tunai

ANTARA/Hafidz Mubarak A
Menteri Sosial Juliari P Batubara (kanan)

 

PEMERINTAH berharap penyaluran bantuan sosial tahap pertama dan kedua bisa rampung sebelum Hari Raya Idulfitri. Adapun, tahap ketiga bisa dilaksanakan setelah Lebaran.

Di beberapa daerah seperti Bogor, Jawa Barat, pendistribusian bantuan tahap awal sudah selesai pada hari ini, Rabu (13/5). Namun, di beberapa daerah lain, proses penyaluran tahap pertama ada yang masih berjalan.

Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan penyaluran memang tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Pasalnya, tiap-tiap daerah memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

"Kota Bogor lebih mudah karena fasiitas lebih lengkap. Tidak akan sulit mencapai dua tahap sebelum Lebaran. Tapi daerah yang memiliki medan lebih berat mungkin akan sulit," ujar Juliari usai mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau penyaluran bantuan sosial tunai di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/5).

Baca juga: Kecamatan dan Kelurahan Harus Digerakkan Bagikan Bansos

Ia pun mengakui bahwa apa yang dilakukan pemerintah sekarang masih jauh dari  sempurna. Namun, ia berkomitmen untuk terus meningkatkan upaya dalam proses penyaluran sehingga seluruh masyarakat yang membutuhkan bisa memperoleh manfaat yang maksimal.

"Kami sadar masih ada kekurangan, masih ada data yang tumpang tindih. Tapi di tahap kedua, dengan koordinsi yang lebih baik dengan pemerintah daerah, kami yakin ini akan berjalan lebih baik. Kami akan terus berkomunikasi dengan daerah, memperbarui data daerah sehingga warga yang belum dapat di tahap pertama bisa masuk di tahap kedua," tandasnya. (A-2)

 

 

Baca Juga

covid19.go.id/Riset MI-NRC

Pola Hidup Baru Turunkan Penularan Covid-19

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:47 WIB
Data terbaru pasien sembuh dari covid- 19 bertambah lagi 252 orang sehingga total pasien sembuh menjadi...
MI/BARY FATHAHILAH

Kemenag Beri Wewenang kepada Kecamatan

👤Ifa/Ins/JS/X-11 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:30 WIB
Kebijakan itu akan dievaluasi setiap bulan terkait dengan situasi pandemi. Bila ada rumah ibadah di sebuah kecamatan tapi sering digunakan...
Dok Instagram @armandmaulana04

Armand Maulana Hibur Tenaga Medis

👤MI 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 04:10 WIB
PENYANYI Armand Maulana, 49, telah menjalankan beragam aksi sosial selama pandemi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya