Rabu 13 Mei 2020, 05:10 WIB

Cegah Konflik, Pemkot Dirikan Posko THR

AT/N-2 | Nusantara
Cegah Konflik, Pemkot Dirikan Posko THR

Ilustrasi/ANTARA FOTO/Reno Esnir
Pekerja melakukan konsultasi di Posko Pengaduan THR Online di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

 

SEJUMLAH daerah mewaspadai potensi konflik antara buruh dan pengusaha di era pandemi covid-19. Salah satu masalah yang bisa menyulut ialah soal pembayaran tunjangan hari raya.

“Kami mengantisipasi jika ada perusahaan yang tidak membayar THR untuk buruh dengan mengaktifkan Posko Pemantauan THR. Posko ini juga melayani pengaduan persoalan perburuhan lain di masa pandemi,” kata Se­kretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, Riyanto, kemarin.

Sesuai surat edaran Menteri Tenaga Kerja di masa pandemi, pemerintah mendorong upaya dialog antara pengusaha dan pekerja jika perusahaan tidak mampu membayar THR secara penuh atau tidak mampu sama sekali. “Harus ada dialog dan kesepakatan. Kesepakatan di antara keduanya dibuat secara tertulis dan dilaporkan ke dinas tenaga kerja,” sambung Riyanto.

Dia menegaskan, meski ada kesepakatan, kewajiban pengusaha untuk membayar THR tetap melekat dan harus dibayarkan pada 2020.

“Kami akan melakukan pemantauan langsung dengan mengujungi perusahaan yang beroperasi di wilayah Kota Yogyakarta untuk memastikan bahwa aturan yang ada diberlakukan dengan optimal.” (AT/N-2)

 

Baca Juga

MI/Gaudensius Suhardi

Warga Diaspora Manggarai Surati Gubernur NTT dan Bupati

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Rabu 03 Juni 2020, 20:26 WIB
"Kami minta agar menaati bebeberapa regulasi tersebut dan menghentikan semua proses pemberian izin atas rencana pembangunan pabrik...
MI/Arnold

Mulai 5 Juni ASN Bali Kerja Kembali Dalam Kenormalan Baru

👤Ruta Suryana/Arnoldus Dhae 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:25 WIB
GUBERNUR Bali Wayan Koster menyampaian kebijakan soal sistem kerja pegawai aparatur sipil negara (ASN) dalam tatanan kenormalan baru. Mulai...
MI/Dwi Apriani

Kemenag Sumsel: Pengembalian Uang Pelunasan Haji Hanya 9 Hari

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:16 WIB
Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama mencatat ada 198.765 jemaah haji reguler yang melunasi Bipih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya