Rabu 13 Mei 2020, 01:08 WIB

Pandemi Covid-19 bakal Berdampak ke Gaji Pemain La Liga

Antara | Sepak Bola
Pandemi Covid-19 bakal Berdampak ke Gaji Pemain La Liga

AFP/Sajjad Hussain
Presiden La Liga Javier Tebas

 

PARA pemain La Liga terancam pemotongan gaji sebagai dampak finansial pandemi covid-19 terhadap klub yang  menggelar satu pun pertandingan sejak dua bulan terakhir untuk mencegah penularan covid-19.

Presiden La Liga Javier Tebas bahkan menyebut disrupsi finansial tersebut juga akan berdampak pada besaran dana yang dialokasikan klub pada bursa transfer musim panas.

"Klub-klub perlu mengurangi gaji pemain mereka, tidak ada cara lain," kata Tebas dalam konferensi virtual soal hukum olahraga bersama Institut Ibero-American, dilansir Antara, Selasa (12/5).

Kerugian akibat pandemi terhadap La Liga diproyeksikan mencapai 300 juta euro (sekitar Rp4,8 triliun) akibat hilangnya pendapatan tiket. Kerugian itu disinyalir terus bertambah, meski La Liga diproyeksikan bergulir kembali pada juni nanti.

Barcelona dan Atletico Madrid diketahui sudah merapkan skema pemotongan gaji terhadap pemain dan stafnya.

Baca juga : Axel Witsel dan Emre Can Bakal Absen di Liga Jerman

Kondisi saat ini, tentu berbanding terbalik dengan gelimang euro dari klub-klub La Liga musim lalu, terutama geliat aktivitas di bursa transfer.

Barcelona misalnya, menghabisnya sekitar 120 juta euri untuk mendatangkan Antoine Griezmann. Uang dari Barcelona bahkan langsung dibelanjakan oleh Atletico untuk menebus pesepak bola Protugal Joao felix seharga 126 juta euro.

Pengeluaran fantastis di bursa transfer itu menurut Tebas, tidak akan terjadi pada bursa transfer musim panas nanti. Terlebih adanya aturan ketat soal batas pengeluaran gaji pemain yang harus sebanding dengan proyeksi pendapatan klub.

"Klub-klub kini punya skuat yang akan melampaui batas gaji mereka musim depan dan mereka mungkin harus menengok ke jajaran pemain muda serta memperhatikan akademi mereka sebab transfer yang melampaui batas tidak dibenarkan, tidak mungkin," katanya.

"Saya pikir musim depan tidak akan terlalu banyak aktivitas transfer, di Spanyol maupun di liga lain. Situasi saat ini tidak memungkinkan itu terjadi. Tim-tim akan dipaksa mengurangi gaji pemain atau mendatangkan pemain dengan harga lebih murah," pungkas Tebas. (Ant/OL-7)

Baca Juga

AFP/Christof Stache

Lampaui Catatan Guardiola, Flick Enggan Terlena

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 07:20 WIB
Lima gol tanpa balas yang dicetak Bayern Muenchen membuat Flick mencatatkan 22 kemenangan dari 25 pertandingan. Hasil tersebut lebih baik...
AFP/Paul Ellis

Gelombang 4 Tes Covid-19, Liga Primer Inggris: Nol Kasus Positif

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 07:04 WIB
Kabar itu menjadi angin segar bagi Liga Premier yang berencana menggulirkan kembali kompetisi musim 2019/20 mulai 17...
Ronald WITTEK / POOL / AFP

Rekor Baru Kai Havertz

👤Budi Ernanto 🕔Minggu 31 Mei 2020, 04:00 WIB
Prestasi Kai Havertz akan membuatnya semakin dilirik klub-klub lain dan tidak hanya di Bundesliga, tetapi juga di liga-liga elite Eropa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya