Selasa 12 Mei 2020, 23:05 WIB

Harga Ayam Potong di Jambi Melompat Tinggi

Solmi | Nusantara
Harga Ayam Potong di Jambi Melompat Tinggi

MI/Solmi
Pedagang ayam potong di Pasar Angso Duo Kota Jambi.

 

Harga daging ayam potong di Kota Jambi dan sekitarnya, Selasa (12/5), melompat menembus Rp30 ribu/kilogram (kg). Harga tersebut naik sekitar Rp10 ribu dari harga hari sebelumnya yang berkisar Rp20 ribu sampai Rp22 ribu/kg.

Menurut pedagang ayam potong di sejumlah pasar tradisional di Kota Jambi, Selasa (12/5), tingginya kenaikan harga ayam potong disebabkan pasokan ayam dari perusahaan peternakan ayam mulai berkurang.

"Pasokan mulai berkurang. Kalau sebelumnya memang sangat murah, bahkan sampai dijual di harga Rp8 ribu per kilo. Saat itu, perusahaan berlimpah stok, sedangkan tingkat pengunjung pasar sepi," kata Irvan, 50 tahun, pedagang ayam potong di Pasar Induk Angso Duo, Kota Jambi.

Kini, imbuh Irvan, di kandang stok sudah kembali normal. Tidak ada lagi stok lama.

"Bagi kami pedagang, mau mahal atau murah, untungnya paling banyak seribu sampai dua ribu per kilo. Sampai saat ini, pembeli juga masih terbilang sepi," lanjutnya.

Baca juga: Hari Doa Sedunia, Gubernur Sumut Keluarkan Surat Edaran ini

Sementara untuk harga kebutuhan pokok lainnya, kecuali bawang merah, relatif masih stabil dan terkendali.

Menurut pelaksana Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi Ani Rosnifa, kondisi itu disebabkan persediaan komoditas kebutuhan pokok beras, tepung terigu, daging sapi, telur, minyak goreng cukup banyak. Di sisi lain, keadaan pasar juga masih relatif sepi pengunjung akibat dampak pandemi covid-19.

Bawang merah pada Selasa masih diperjualbelikan di level harga Rp46 ribu/kg. Lalu, bawang putih, harganya cenderung menurun dan dijual di kisaran Rp24 ribu/kg.

Namun, harga cabai merah terus menurun. Cabai merah keriting hanya dijual dengan harga Rp14 ribu/kg.

Begitu pula dengan cabai rawit hijau. Karena banyaknya pasokan, cabai rawit dijual Rp14 ribu/kg. Jauh melorot dibandingkan harga dua pekan sebelumnya yang sempat menembus Rp30 ribu/kg. (OL-14)

Baca Juga

Istimewa

Empat Perwira Penerbad Korban Helikopter Jatuh

👤Akhmad Safuan 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 18:55 WIB
SEBUAH Helikopter M17 dengan nomor registrasi HA 5141 milik kesatuan Peberbangan Angkatan Darat (Penerbad) jatuh di dekat Kawasan Industeri...
dok pemprov jatim

Kinerja Polda Jatim Ungkap Narkoba di Tengah Pandemi Diapresiasi

👤RO/Micom 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 18:51 WIB
Banyaknya sabu yang disita dalam satu kasus ini menjadi rekor baru di jajaran Polda...
MI/John Lewar

Satu Makam PDP Covid-19 di Mabar Dibongkar, Jenazahnya Hilang

👤John Lewar 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 18:50 WIB
SATU kuburan jasad Pasien Dalam Pemantauan (PDP) di Mejerite, Desa Tanjung Boleng, berdekatan dengan Kampung Lancang, Kecamatan Komodo,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya