Rabu 13 Mei 2020, 00:10 WIB

Bundesliga Ultimatum Suporter

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Bundesliga Ultimatum Suporter

AFP
Bundesliga Jerman

 

BUNDESLIGA bakal kembali bergulir pada Sabtu (16/5) secara tertutup. Pendukung diimbau agar tidak datang dan memenuhi luar stadion karena sangat berisiko.

Di Saxony, markas klub RB Leipzig yang akan menjadi tuan rumah saat melawan Freiburg, Sabtu (16/5), suporter telah diancam pemerintah setempat. Laga akan dihentikan jika para pendukung tetap ngotot berkumpul di luar stadion atau berkerumun di tempat lain.

“Fan tidak boleh menggunakan pertandingan yang tertutup sebagai alasan untuk berkumpul di depan stadion atau di tempat lain. Ini bisa menyebabkan pertandingan dihentikan,” kata pejabat wilayah Saxony, Roland Woeller.

Kekhawatiran itu beralasan. Saat laga Moenchengladbach melawan Cologne pada 11 Maret sebelum liga ditunda, ratusan fan berkerumun di luar stadion. Padahal, laga itu digelar secara tertutup. Sementara itu, Eintracht Frankfurt telah meminta pendukung mereka agar tidak datang saat melawan Moenchengladbach.

“Kami sudah berbicara dengan penggemar kami dan berkata, ‘Dengarkan, teman-teman, jangan muncul di stadion’,” kata Direktur Olahraga Frankfurt Fredi Bobic, kepada ESPN.

CEO Bundesliga Christian Seifert juga meminta semua fan menahan diri demi kelanjutan kompetisi musim ini. Persiapan yang telah
dicanangkan sejak bermingguminggu akan terbengkalai ketika semua tidak bisa bekerja sama.

Sebagai ganti kehadiran dan demi mencegah penonton ke stadion serta kerumunan di bar atau tempat umum, pihak Sky akan menggratiskan beberapa laga yang digelar pada Sabtu (16/5). Namun, situasi tak akan mudah ketika negara gila sepak bola yang melibatkan lebih dari 50 ribu orang setiap pekannya itu harus mengusir suporter dari stadion.

Pada akhir pekan ini, ada laga Derbi Ruhr atau Revierderby antara Borussia Dortmund dan Schalke. Pertandingan itu biasanya menarik 82 ribu penonton ke Signal Iduna Park. Lalu, markas Bayern Muenchen, Allianz Arena yang memiliki 75 ribu kursi, akan tetap kosong. Ini akan menjadikan pemandangan yang aneh, yakni stadion besar tidak diisi puluhan ribu penonton.

Penggemar garis keras atau ultras klub juga menyuarakan kritik mereka terhadap keputusan Bundesliga menggelar laga tanpa penonton. Mereka menilai keputusan itu akan menghilangkan pengaruh mereka di klub.


Protokol medis

Di Italia, Federasi Sepak Bola Italia atau FIGC telah bertemu dengan Komite Ilmiah Teknis (CTS) pekan lalu untuk membahas secara detail mekanisme latihan tim secara berkelompok mulai 18 Mei mendatang.

Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora dan Menteri Kesehatan Roberto Speranza mengatakan CTS telah menyusun protokol medis agar klub bisa berlatih secara tim.

“Petunjuk dari CTS yang ketat akan dikirim ke federasi untuk disesuaikan agar latihan secara tim bisa dimulai pada 18 Mei dengan aman,” bunyi pernyataan kedua menteri itu.

Dari Inggris, Liga Primer yang ditunda sejak Maret telah mendapat lampu hijau dari pemerintah setidaknya pada 1 Juni. Itu disertai catatan digelar tertutup dan penonton baru diperbolehkan memenuhi stadion ketika ada vaksin covid-19. (AFP/Skysports/R-2)

Baca Juga

AFP

Leipzig Gagal Geser Dortmund

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 29 Mei 2020, 00:10 WIB
RB Leipzig gagal me-nyalip Borussia Dortmund di peringkat kedua klasemen sementara setelah ditahan imbang oleh Hertha...
AFP

Banyak Ulah, Brescia Ingin Balotelli Segera Hengkang

👤Ant 🕔Jumat 29 Mei 2020, 00:03 WIB
"Kami tidak merekrut Balotelli agar menarik perhatian media. Kami percaya ia dapat memberi kontribusi penting kepada kami di lapangan....
Antara

Penyerang Union Berlin Sebastian Polter Diasingkan

👤Antara 🕔Kamis 28 Mei 2020, 23:39 WIB
Dalam pernyataan yang disampaikan presiden klub Dirk Zingler, pemain 29 tahun itu dinilai sebagai satu-satunya anggota tim yang tidak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya