Selasa 12 Mei 2020, 21:01 WIB

Jepang Segera Setujui Alat Uji Antigen Covid-19 Pertamanya

Nur Aivanni | Internasional
Jepang Segera Setujui Alat Uji Antigen Covid-19 Pertamanya

AFP
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Jepang berencana untuk menyetujui alat pengujian antigen covid-19 pertamanya pada Rabu (13/5), kata seorang pejabat kementerian kesehatan, dalam upaya untuk meningkatkan jumlah pengujian diagnostik yang tersedia untuk memerangi pandemi.

Fujirebio, anak perusahaan penyedia layanan uji diagnostik dan laboratorium Jepang Miraca Holdings, bulan lalu mengajukan permohonan persetujuan pemerintah untuk alat uji antigennya.

Pengujian antigen memindai protein yang dapat ditemukan pada atau di dalam virus. Mereka biasanya menguji sampel yang diambil dari rongga hidung dengan menggunakan penyeka. Pengujian bisa mendeteksi virus dengan cepat tetapi menghasilkan negatif palsu pada tingkat yang lebih tinggi daripada tes PCR (Polymerase Chain Reaction) yang dominan saat ini.

Baca juga :Trump Hentikan Konferensi Pers Karena Cekcok dengan Wartawan

Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato mengatakan kepada parlemen pada Jumat bahwa pengujian antigen, setelah disetujui, kemungkinan akan digunakan untuk melengkapi tes PCR.

Jepang telah melaporkan sekitar 16.680 infeksi yang dikonfirmasi, termasuk 712 dari kapal pesiar yang sebelumnya dikarantina di Yokohama, dan 670 kematian hingga saat ini, kata NHK.

Jepang telah melakukan 188 tes PCR per 100.000 orang, dibandingkan dengan 3.159 di Italia dan 3.044 di Jerman, data dari panel ahli medis yang ditunjukkan pada pekan lalu.

Pekan lalu, Amerika Serikat menyetujui alat antigen virus korona pertamanya yang dibuat oleh Quidel Corp. (CNA/OL-2)

 

Baca Juga

INSTAGRAM/kbridsm

Berbagi Keceriaan Idulfitri untuk WNI di Tanzania

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Mei 2020, 14:00 WIB
Duta Besar RI Dar es Salaam Prof. Dr. Ratlan Pardede berharap Idulfitri tahun ini tidak kehilangan makna karena keterbatasan yang ada...
AFP/KARIM JAAFAR

Dianggap Langgar Privasi, Aplikasi Covid-19 Qatar Tuai Kecaman

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 25 Mei 2020, 12:15 WIB
Aplikasi versi Qatar ini juga memaksa pengguna gawai Android untuk mengizinkan akses ke galeri foto dan video serta mengizinkan aplikasi...
AFP/Behrouz MEHRI

Jepang Berencana Cabut Darurat Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 25 Mei 2020, 11:25 WIB
Mayoritas warga menuruti imbauan itu dengan mayoritas jalan di Tokyo menjadi sepi dan angka infeksi covid-19 turun dari 700 per hari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya