Selasa 12 Mei 2020, 19:17 WIB

Doni Monardo Akui Bali Bisa Tekan Virus Korona tanpa PSBB

Nur Azizah | Humaniora
Doni Monardo Akui Bali Bisa Tekan Virus Korona tanpa PSBB

MI/Adam Dwi
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo

 

PROVINSI Bali berhasil menekan laju pertumbuhan Covid-19. Padahal, Bali salah satu provinsi yang tidak menetapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Ada daerah yang tidak PSBB tapi berhasil. Tadi sudah dilihat Provinsi Bali salah satu di antara provinsi yang tidak menetapkan PSBB tapi menunjukkan angka laju penambahan positif berkurang," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta Timur, Selasa (12/5).

Baca juga: Pembebasan Kelompok Muda, Doni Monardo: Kurangi Ancaman PHK!

Berdasarkan data yang diperoleh penambahan pasien positif di Bali sekitar 314 orang. Adapun jumlah pasien sembuh sekitar 210 orang atau 67%.

Sedangkan kasus pasien meninggal ada empat orang atau 1,27%.

Doni memaparkan cara yang diterapkan di Bali. "Pasien di RS banyak yang sembuh dan tidak ada penambahan angka kematian. tentu ini harus kita hargai. Walaupun tidak memilih PSBB, Bali telah melakukan upaya maksimal dengan memanfaatkan kearifan lokal, menggerakkan desa adat, gotong royong berbasis adat," ujarnya.

Baca juga: Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Puji Program KSBB DKI

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo tak memaksa seluruh wilayah harus menerapkan PSBB. Jokowi memberi keleluasaan pada pemerintah daerah untuk menerapkan metode yang dianggap terbaik untuk wilayahnya.

"Bapak Presiden menegaskan pemerintah pusat tidak memaksakan PSBB pada daerah-daerah. Daerah-daerah boleh memilih pendekatan yang sesuai dengan kondisi masing-masing," kata Doni.

Daerah juga diperbolehkan melakukan pendekatan secara adat. Terpenting, seluruh warga patuh terhadap protokol kesehatan.

"Jadi walaupun tidak ada pemaksaan kepada daerah, tetapi juga daerah diharapkan secara optimal bisa meningkatkan kemampuan daerah dalam rangka juga kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan," ujar Doni. (X-15)

 

Baca Juga

DOK KEMENDES

Mendes Pastikan Penyaluran BLT itu Transparan dan Diawasi Ketat

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 04 Juni 2020, 09:22 WIB
Menteri Halim menuturkan, proses penentuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa itu berjenjang dan melibatkan banyak...
 ANTARA FOTO/Regina Safri

Anggito Bantah Pembatalan Haji Untuk Perkuat Rupiah

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 04 Juni 2020, 06:58 WIB
Anggito  menepis anggapan bahwa pernyataan skema penguatan rupiah dengan dana haji merupakan alasan pemerintah membatalkan...
ist

Badan POM Bagi Resep Pangan Aman

👤 (Fer/Ata/H-1) 🕔Kamis 04 Juni 2020, 06:30 WIB
BADAN Pengawas Obat dan Makanan (POM) mengharapkan masyarakat dapat memahami pangan yang aman, bagaimana cara penyajiannya, distribusi,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya