Selasa 12 Mei 2020, 15:04 WIB

Presiden Tunaikan Zakat secara Daring

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Presiden Tunaikan Zakat secara Daring

MI/RAMDANI
Penyerahan zakat oleh Presiden tahun lalu

 

PRESIDEN Joko Widodo menunaikan Zakat, Infak dan Sedekah melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Selasa (12/5).

Berbeda dari tahun sebelumnya ketika pembayaran zakat dilakukan secara langsung, tahun ini, karena dalam kondisi pandemi, kegiatan tersebut dilakukan secara daring melalui konferensi video.

"Pada hari ini, saya menyerahkan dana zakat sebesar sebagaimana yang terlampir kepada Baznas untuk disalurkan kepada mustahik," ujar Jokowi.

Presiden berharap, dana zakat yang dihimpun Baznas dapat digunakan untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan terutama karena pandemi covid-19.

"Berzakat merupakan kewajiban setiap umat muslim untuk berbagi rezeki, berbagi kebahagiaan dengan saudara-saudara kita, terutama para mustahik. Semoga zakat yang kita keluarkan menyempurnakan ibadah puasa kita dan menyempurnakan ketaatan kita kepada Allah SWT," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Baznas Bambang Sudibyo menyampaikan apresiasi kepada kepala negara beserta jajarannya yang memberikan teladan kepada umat muslim di Tanah Air dengan membayarkan zakat lebih awal.

"Mengingat kita berada di tengah masa pandemi global, banyak saudara sesama yang membutuhkan. Terima kasih kepada Presiden yang telah memberikan keteladanan sebagai pemimpin muslim untuk menunaikan kewajiban ibadah zakat. Semoga langkah ini segera diikuti oleh seluruh masyarakat yang beragama muslim,” ucap Bambang.

Tidak hanya Presiden, kegiatan pembayaran zakat secara daring juga diikuti Wakil Presiden Maruf Amin dan sejumlah menteri yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.(OL-4)

Baca Juga

Antara

Istana Diterpa Hoaks Lama soal PKI, KSP: Ada Kelompok Cari Pasar

👤Henri Siagian 🕔Minggu 31 Mei 2020, 08:15 WIB
Masyakarakat, kata dia, semakin muak dengan cara tidak beradab dalam menyerang Jokowi dan...
ANTARA FOTO/Reno Esnir

Kenormalan Baru bagi ASN Mulai 5 Juni

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 31 Mei 2020, 06:00 WIB
Adaptasi dalam tatanan normal baru di kementerian, lembaga, dan daerah, meliputi penyesuaian sistem kerja, dukungan SDM dan infrastruktur,...
Chandan KHANNA / AFP

Protes masih Terus Merebak di Banyak Kota AS

👤The Guardian/BBC/Hym/I-1 🕔Minggu 31 Mei 2020, 05:40 WIB
Demonstrasi berlangsung damai pada siang hari ketika para pengunjuk rasa berbaris dari Los Angeles ke New York, tetapi demonstrasi berubah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya