Selasa 12 Mei 2020, 12:24 WIB

PKM di Kota Semarang Berhasil Tekan Covid-19

Akhmad Safuan | Nusantara
PKM di Kota Semarang Berhasil Tekan Covid-19

ANTARA
Ilustrasi covid-19

 

DAMPAK diberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) angka positif covid-19, orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) di Kota Semarang terus menurun, angka kesembuhan meningkat serta angka meninggal tetap.

 PKM dilaksanakan Kota Semarang sebagai pengganti pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ternyata cukup ampuh, karena berhasil menekan penyebaran korona secara signifikan.Data dihimpun dari Dinas Kesehatan Kota Semarang memperlihatkan keberhasilan pelaksanaan PKM sejak dilaksanakan pada Senin (27/4) lalu, angka positif covid-19 pada Minggu (26/4) masih mencapai 134 orang, terus mengalami setiap hari hingga sekarang tinggal 70 orang.

"Angka kesembuhan pasien covid-19 di Kota Semarang mencapai 62,5%, sedangkan angka positif korona juga terus berkurang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam, Selasa (12/5).

Demikian juga OPD sebelum pelaksanaan PKM masih 3.307 orang saat ini, tinggal 324 orang dan PDP pada Minggu (26/4) masih 267 orang terus menurun hingga kini tinggal 109 orang. Selama pelaksanaan PKM tersebut jumlah pasien covid-19 meninggal bertahan diangka 30 orang.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan puncak covid-19 di Kota Semarang terjadi pada Jumat (24/4) lalu yakni mencapai 148 orang positif korona. Namun dengan berjalannya PKM dengan berbagai program yang terukur secara berangsur-angsur dapat menurun.

baca juga: Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Riau Terbaik Nasional

Berbagai kegiatan dalam PKM, demikuan Hendrar Prigadi, penyebaran dan angka kematian ditekan dan angka kesembuhan terus meningkat menjadikan covid-19 tidak dapat berkembang. Bahkan dalam 15 hari ini tidak ada kematian akibat covid-19 di Kota Semarang.

"Konsepnya sederhana, seluruh warga diajak aktif berpartisipasi dengan memberikan kesadaran untuk menjaga diri sendiri dan lingkungannya di setiap kegiatan," kata Hendrar Prihadi. (OL-3)

Baca Juga

Ist

UGM masih akan Terapkan Perkuliahan Daring

👤Ardi Teristi 🕔Kamis 04 Juni 2020, 01:50 WIB
Untuk tahun ajaran 2020/2020, rencananya pada semester ganjil, selama setengah semester, pembelajaran masih dilakukan secara daring hingga...
AFP

Pemkab Lamongan Bersiap Menuju Kenormalan Baru

👤M Yakub 🕔Kamis 04 Juni 2020, 01:40 WIB
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan, Jawa Timur sedang merumuskan rencana pemberlakuan kenormalan baru (New...
Thinkstock

Calon Jemaah Haji Sumenep Diberi Dua Opsi

👤Mohammad Ghazi 🕔Kamis 04 Juni 2020, 01:30 WIB
Kepala Kemenag Sumenep, Ahmad Rifai, mengatakan dana pelunasan BPIH yang sudah disetorkan calon jemaah berada dalam rekening khusus yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya